UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Struktur Latar dalam Tiga Cerpen Berjudul Jakarta dari Tiga Orang Pengarang yang Berbeda

(Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Genre cerpen dalam khasanah kesusastraan Jawa baru dikenal setelah masuknya pengaruh Eropa ke Indonesia, khususnya Jawa. Melalui muncul sistim pendidikan Eropa yang sangat berbeda dengan sistim pendidikan tradisional Jawa, maka masuk pulalah suatu kegiatan bersastra yang baru yang sebelumnya tidak pernah dikenal pada masyarakat Jawa.
Kegiatan ,sastra tersebut adalah menulis dan membaca karya sastra dengan orientasi yang berbeda. Jika pada masa sebelumnya orang Jawa menulis karya sastra sebagai sebuah karya yang penuh dengan hal-hal yang mengulas masalah filsafat, mistik, kejiwaan a la Jawa, maka sekarang pengarang Jawa mulai menulis hal-hal lebih banyak mengulas pada realita kehidupan.
Keadaan ini memberikan gambaran adanya perubahan cara berfikir pengarang Jawa. Tetapi apakah dengan demikian terjadi perubahan secara mendasar dalam pencipta seluruh karya sastra Jawa, hal inilah yang mendorong penelitian ini dilakukan.
Dengan mengambil genre cerpen yang pada saat ini sangat popular di kalangan masyarakat Jawa, peneliti ingin mengungkapkan bagaimana tiga buah cerpen dengan Judul yang sama ditulis oleh tiga orang pengarang yang berbeda.
Dengan data yang diambil dari dalam karya sastra itu sendiri, kami berharap secara kualitatif dapat melihat stuktur latar pada ketiga cerpen tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 LP 1996 7a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP 1996 7a
Entri utama-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1996
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten
Tipe Media
Tipe Carrier
Deskripsi Fisik
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP 1996 7a 09-20-506087971 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 76654
Cover