UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Ekologi Budaya Kota Jakarta (Kasus Adaptasi Sumberdaya di Pondok Pinang)

Mohammad Soerjani; Bambang Widianto; M.A. Yunita Triwardani Winarto; Kunto; Toto Irianto; Donovan; Armanto (Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1984)

 Abstrak

ABSTRAK
1. Kerangka Konseptual
Berkembangnya studi tentang lingkungan atau yang dikenal dengan ekologi, pada dasawarsa terakhir ini menandakan akan pentingnya pemahaman tentang seluruh aspek lingkungan untuk menjaga terlaksananya keseimbangan hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Manusia merupakan salah satu unsur dalam ekosistem yang tidak dapat diabaikan dalam studi tentang lingkungan, karena hubungan yang saling terkait di antara keduanya seperti yang telah dikemukakan oleh (Forde 1934).
Dalam hubungan yang saling terkait ini maka kebudayaan yang merupakan kerangka landasan bagi manusia untuk beradaptasi terhadap lingkungannya berperanan sebagai jembatan penghubung yang amat menentukan tingkat kesanggupan adaptasi manusia dan usaha peningkatan taraf hidupnya. Sebaliknya, lingkungan alam dan fisiknya juga dipandang oleh manusia sebagai suatu hasil kebudayaan, yaitu sesuatu yang dipahami sesuai dengan persepsi dan alam pikiran manusia.
Interaksi antara manusia dengan lingkungannya yang berpijak pada kebudayaan terwujudkan dalam aktivitas-aktivitas manusia dalam usahanya memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan sarana dari lingkungannya guna memenuhi kebutuhan hidup dan kelangsungan hidupnya.
Penelitian-penelitian atau studi tentang lingkungan berdasarkan pendekatan terpadu untuk memahami-keadaan lingkungan dan berbagai unsurnya serta aktivitas-aktivitas manusia dalam rangka interaksinya seperti tersebut diatas, diharapkan dapat berguna dalam menyajikan keterangan sebagai landasan menetapkan kebijakan, baik untuk mempertahankan kelestarian dan keseimbangan lingkungan disatu pihak, maupun dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan manusia di pihak lain.

 File Digital: 1

Shelf
 LP-Mohamad Soerjani-Ekologi Budaya Kota Jakarta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Laporan Penelitian
No. Panggil : LP-pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1984
Sumber Pengatalogan
Tipe Konten text
Tipe Media computer
Tipe Carrier online resource
Deskripsi Fisik iii, 35 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Lembaga Pemilik Universitas Indonesia
Lokasi Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-795052903 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77128
Cover