UI - Laporan Penelitian :: Kembali

UI - Laporan Penelitian :: Kembali

Studi Pengaruh Besar Arus Las terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Pengelasan Pipa Baja Martensitik 410 dengan Proses Kombinasi TIG dan SMAW

Muhammad Anis; Winarto (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996)
 Abstrak
ABSTRAK
Pengelasan material baja tahan karat martensitik dengan menggunakan las busur listrik masih belum cukup banyak dikenal. Namun demikian beberapa percobaan telah dilakukan untuk menghasilkan kualitas sambungan las yang baik, khususnya secara metalurgis, karena sifat material baja ini yang demikian rentan terhadap masukan panas dan fenomena peleburan-pembelcuan yang membuat baja ini mudah menjadi Betas dan retak setelah dilas. Karena itu pada pengelasan baja ini selain harus diperhatikan prosedur dan parameter pengelasannya, harus dilakukan juga proses perlakuan panas pasca pengelasan guna mengurangi tegangan sisa dan menurunkan kekerasan material.
Penelitian ini mencoba mengamati perubahan-perubahan dalam salah satu parameter pengelasan, yaitu besar arus, terhadap masukan panas yang terjadi serta hasil sambungan las yang terbentuk. Evaluasi terhadap sambungan las yang terbentuk dilakukan dengan pengujian kekerasan dan pengamatan struktur mikro material.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa besar arus pengelasan berpengaruh terhadap hasil sambungan las yang terbentuk, dimana makin besar arus yang diberikan maka sambungan las yang terbentuk makin baik, dalam pengertian distribusi kekerasan dan struktur mikronya makin merata dan nilai kekerasan rata-ratanya makin rendah.
 File Digital: 1
Shelf
 LP-Muhammad Anis-Studi Pengaruh Besar Arus Las terhadap Kekerasan dan Struktur Mikro Pengelasan Pipa Baja Martensitik 410 dengan Proses Kombinasi TIG dan SMAW .pdf ::
 Metadata
No. Panggil : LP-pdf
Nama orang :
Nama orang tambahan :
Nama badan tambahan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : 27 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Umum : none
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
LP-pdf 09-19-711176504 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77263