UI - Pidato :: Kembali

UI - Pidato :: Kembali

Beberapa Aspek Etik dalam Obstetri dan Ginekologi

Ratna Suprapti Samil; (UI-Press, 1984)

 Abstrak

Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 telah tercantum dengan jelas cita-cita Bangsa Indonesia, yang sekaligus merupakan tujuan nasional Bangsa Indonesia. Tujuan nasional tersebut adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh Tanah Tumpah Darah Indonesia, untuk memajukan kesejahteraan umum, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Memajukan kesejahteraan umum berarti mewujudkan suatu tingkat kehidupan masyarakat secara optimal, yang memenuhi kebutuhan dasar manusia termasuk kesehatan.

Bila ditinjau secara lebih khusus, pada dasarnya kesehatan menyangkut semua segi kehidupan, baik di masa lalu, sekarang, maupun di masa yang akan datang. Ruang lingkup dan jangkauannya sangat luas. Dalam sejarahnya, kesehatan telah mengalami perubahan orientasi nilai dan pemikiran mengenai upaya memecahkan masalah. Pada hakekatnya proses perubahan orientasi nilai dan pemikiran itu selalu berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan sosial budaya. Upaya kesehatan yang semula berupa upaya penyembuhan untuk penderita itu sendiri berangsur-angsur berkembang ke arah kesatuan upaya kesehatan untuk seluruh masyarakat, dengan peranserta masyarakat, yang mencakup upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif).;Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 telah tercantum dengan jelas cita-cita Bangsa Indonesia, yang sekaligus merupakan tujuan nasional Bangsa Indonesia. Tujuan nasional tersebut adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh Tanah Tumpah Darah Indonesia, untuk memajukan kesejahteraan umum, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Memajukan kesejahteraan umum berarti mewujudkan suatu tingkat kehidupan masyarakat secara optimal, yang memenuhi kebutuhan dasar manusia termasuk kesehatan.

Bila ditinjau secara lebih khusus, pada dasarnya kesehatan menyangkut semua segi kehidupan, baik di masa lalu, sekarang, maupun di masa yang akan datang. Ruang lingkup dan jangkauannya sangat luas. Dalam sejarahnya, kesehatan telah mengalami perubahan orientasi nilai dan pemikiran mengenai upaya memecahkan masalah. Pada hakekatnya proses perubahan orientasi nilai dan pemikiran itu selalu berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi dan sosial budaya. Upaya kesehatan yang semula berupa upaya penyembuhan untuk penderita itu sendiri berangsur-angsur berkembang ke arah kesatuan upaya kesehatan untuk seluruh masyarakat, dengan peranserta masyarakat, yang mencakup upaya peningkatan (promotif), pencegahan (preventif), penyembuhan (kuratif), dan pemulihan (rehabilitatif).

 File Digital: 1

Shelf
 PGB 0130-Ratna Suprapti Samil.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Pidato
No. Panggil : PGB 0130
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: UI-Press, 1984
Physics29 pages ; 21 cm.
Type
Format
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PGB 0130 PGB 0130 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77458
Cover