UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa konverter tunggal CNG/LPG untuk forklift patria

Atma Dwi Sumardiyono; Bambang Sugiarto, supervisor ([Publisher not identified] , 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Seperti diketahui bahwa dengan exploitasi yang berlebihan akan sumber daya alam terutama BBM, menjadikan ketakseimbangan pada proses alam itu sendiri. Untuk itu maka perlu dipikirkan secara dini pentingnya diversifikasi bahan bakar minyak kepada bahan bakar gas pada aplikasi motor bakar. Untuk menunjang itu semua diatas, maka perlu pula dipikirkan akan sebuah alat untuk menkonversikan bahan bakar gas agar dapat digunakan pada kendaraan kendaraan BBM yang menggunakan mesin motor bakar sebagai prime movernya. Di Indonesia alat konversi tersebut masih belum dapat dibuat, sehingga harga alat konversi tersebut masih relatif mahal dan hal ini yang mengakibatkan penggunaan kurang populer untuk mengganti bahan bakar minyak kebahan bakar gas. Dari permasalahan yang telah disebutkan diatas, maka sekiranya sudah saatnya perlu dipikirkan alat yang dapat dibuat sendiri dengan lokal content 100%.
Dengan produksi lokal yang mempunyai kehandalan yang tinggi maka diharapkan produksi tersebut mempunyai orientasi eksport dan dapat diterima oleh customer luar negeri.
UNITED TRACTORS Tbk. PT. dimana penulis bekerja, adalah perusahan yang bergerak tidak hanya trading, manufakturing tetapi juga rekayasa dalam produk produk alat berat. Salah satu produk andalan eksportnya adalah FORKLIFT PATRIA.
Forklift Patria mempunyai dua type engine yaitu : PFG (patria forklift gasoline) dan PFD (palria forklift diesel) dengan range berkisar 2 hingga 3,5 ton. Untuk forklift gasoline Patria sudah menerapkan sistem bahan bakar LPG dan CNG, dan sudah dieksport dibeberapa negara, dengan konverter kit masih import dari USA. Dengan adanya kebutuhan yang sangat meningkat dari beberapa customer luar akan kebutuhan emit dengan menerapkan sistem bahan bakarnya menggunakan bahan bakar gas, maka kebutuhan konverter kit produksi dalam negeri sangat dinanti. Diharapkan dengan konverter kit dalam negeri ini yang dipergunakan pada forKlift PATRIA, maka dapat pula dibuat konverter - konverter kit lainnya yang dapat diterapkan pada kendaraan - kendaraan jenis lain.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, diketahui bahwa kadar gas buang (CO & HC) untuk CNG lebih rendah dari pada bensin dan tujuan dari thesis ini yaitu konverter tunggal yang dapat menggunakan bahan bakar CNG atau LPG dapat dibuat atau dengan kata lain konverter untuk bahan bakar CNG dan konverter untuk bahan bakar LPG dapat dijadikan satu konverter, dan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar CNG/LPG tidak dapat menyamai dengan daya yang dihasilkan dengan menggunakan bahan bakar bensin.

 File Digital: 1

Shelf
 T8524 - Atma Dwi Sumardiyono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T8524
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xi, 126 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T8524 15-17-836273831 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77630
Cover