UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis kinerja PD. Wisata Niaga Jaya untuk menentukan strategi bersaing

Sardi; Lukman Hakim, supervisor; Azhar Kasim, examiner; Henry Faisal Noor, examiner (Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Penelitian ini untuk menjawab permasalahan rendahnya kinerja keuangan yang menimbulkan image bahwa Perusahaan Daerah tidak dikelola secara profesional. Dengan adanya permasalahan tersebut, perlu adanya pengukuran baik aspek keuangan maupun aspek non keuangan.
Aspek-aspek yang diteliti (dalam mengukur kinerja PD. Wisata Niaga Jaya untuk menentukan strategi bersaing) meliputi aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses internal bisnis, dan aspek pembelajaran dan pertumbuhan. Data diperoleh melalui survey, observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder dari dalam maupun dari luar perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah alur pikir Balanced Scorecard.
Hasil pengukuran kinerja perusahaan memang menunjukkan kinerja keuangan tidak sehat, namun demikian kinerja pelanggan, kinerja proses internal bisnis, dan kinerja pembelajaran dan pertumbuhan masing-masing, cukup sehat. Ketidaksehatan kinerja keuangan, disebabkan oleh pembelanjaan perusahaan yang kurang memperhatikan prinsip-prinsip (keuangan, likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas).
Hasil analisis strategi perusahaan dari aspek keuangan, terlihat manajemen menerapkan strategi yang agresif yaitu terlalu banyak menggunakan pinjaman. Untuk pelanggan, manajemen melakukan strategi tarif rendah pada hotel bintang dan strategi focus diferensiasi pada hotel non bintang. Sedangkan untuk proses internal bisnis, manajemen melakukan strategi pengembangan produk baru, dan melakukan efisiensi harga pokok. Di bidang pembelajaran dan pertumbuhan manajemen, melakukan diktat sesuai dengan core bisnis perusahaan.
Untuk memperbaiki kinerja perusahaan, manajemen perlu melakukan restrukturisasi keuangan, dengan mencairkan uang kepesertaan dari Pemda DKI Jakarta atau menjual Hotel Bintang Empat Cempaka untuk menutup pinjaman dari Bank serta menjual asset-asset yang tidak produktif. Selain itu, perlu dilakukan efisiensi-efisiensi biaya.

 File Digital: 1

Shelf
 T8671 - Sardi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 190 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-845819736 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77632
Cover