UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sikap Wanita Terhadap Sub-Ordinasi Jender Menurut Perbedaan Generasi Dan Identifikasi Peran Jender

Monica Maria Tjin Mei Fung; Hera Lestari Mikarsa, supervisor; Bernadette N. Setiadi, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Telah lama disadari bahwa ketimpangan jender mengakibatkan berbagai problematik jender. Salah satu darinya adalah sub-ordinasi jender, yakni sub-ordinasi wanita terhadap pria. Faktor-faktor seperti kesejarahan, kebudayaan, keluarga dan agen sosialisasi seperti sekolah, agama, hukum, pekerjaan dan media massa, turut berperan menjadi agen yang memperkuat sub-ordinasi jender. Problematik ini juga menjadi semakin kompleks manakala wanita sendiri mengidentifikasi peran jendernya sedemikian rupa sehingga ikut meneguhkan statusnya yang oleh kebanyakan orang dipandang lebih rendah daripada pria. Namun dibutuhkan penelusuran lebih lanjut untuk melihat seberapa jauh wanita sendiri bersikap demikian terhadap sub-ordinasi jender.
Sejalan perkembangan waktu dan ilmu pengetahuan psikologi, sebuah konsep bernama androgyny, yang sejak tahun 1972 dipopulerkan oleh Bern, memberi harapan kepada banyak orang khususnya wanita untuk keluar dari model identifikasi peran jender yang bersifat tipologis dan dikotomis. Androjini merupakan hasil identifikasi peran jender sedemikian rupa sehingga di dalam diri seseorang terbentuk suatu kepribadian yang mengandung sifat-sifat feminin dan maskulin dalam kadar yang relatif tinggi. Dengan memiliki kepribadian ini, seorang wanita diharapkan tidak mudah tunduk kepada model-model peran jender yang tidak seimbang, yang mengakibatkan ketidakadilan jender. Maka, dapatkah dikatakan bahwa identifikasi peran jender mempengaruhi sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender secara berarti ? Berhubung konsep androjini baru dipopulerkan pada dekade 70-an, apakah wanita sesudah masa itu lebih bersikap melawan sub-ordinasi jender daripada wanita pada masa sebelumnya ? Apakah perbedaan generasi memberi pengaruh yang signifikan pada sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender ?
Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 210 orang, terdiri dari 70 wanita dewasa awal, 70 wanita dewasa madia dan 70 wanita dewasa lanjut. Dikarenakan pembagian identifikasi peran jender menjadi dua kelompok yakni androjini dan feminin, maka total sampel yang dapat digunakan berjumlah 193. Analisis varian dari data yang diperoleh menghasilkan beberapa kesimpulan.
Pertama, generasi tidak mempunyai efek utama yang signifikan pada sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender. Jadi, perbedaan generasi tidak memberi pengaruh berarti pada sikap terhadap sub-ordinasi jender.
Kedua, identifikasi peran jender memberi efek utama yang signifikan pada sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender (p = .033). Ini berarti, perbedaan identifikasi peran jender membawa pengaruh yang berarti kepada sikap wanita terhadap sub.ordinasi jender
Ketiga, tidak ada efek interaksi antara generasi dan identifikasi peran jender pada sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender. Maksudnya, sikap wanita terhadap sub-ordinasi jender yang disebabkan perbedaan identifikasi peran jender, tidak dipengaruhi oleh perbedaan generasinya, demikian pula sebaliknya
Analisis tambahan menemukan efek signifikan dari pendidikan (p=.0002) dan pekerjaan (p=.004) pada sikap wanita terhadap subordinasi jender. Pola pengambilan sampel dan kedua variabel ini menjelaskan mengenai variabel generasi yang tidak tampil pengaruhnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T9173-Monica Maria Tjin Mei Fung.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 137 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-874284915 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 77907
Cover