UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat siswa di 2 Sekolah Dasar (dengan dan tanpa program PHBS) Kelurahan Lorok Pakjo Palembang tahun 2004

Siti Fauziah; Adi Sasongko, supervisor (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Sejak tahun 1996, Program PHBS adalah merupakan salah satu kebijakan Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Program ini meliputi 5 (lima) tatanan yaitu rumah tangga tempat kerja, tempat umum, institusi sekolah dan tempat ibadah. Program ini diarahkan kepada perubahan perilaku mengenai hidup bersih dan sehat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku siswa sekolah dasar dan faktor mana yang paling dominan yang berhubungan dengan perilaku siswa.
Penelitian ini dilakukan di 2 (dua) Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Lorok Pakjo Palembang yang dilaksanakan pada bulan Januari 2004 sampai dengan bulan Maret 2004. Jumlah sampel penelitian adalah 386 orang siswa yang terdiri Bari kelas IV, V dan VI di Sekolah Dasar Negeri 26 dan Sekolah Dasar Negeri 27 Kelurahan Lorok Pakjo Palembang, jenis penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional.
Analisis yang digunakan adalah Analisis Univariat, Bivariat, Multivariat. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi perilaku siswa yang baik adalah 72,3%.
Dari analisis Bivariat, di dapat faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat siswa di 2 Sekolah Dasar (dengan dan tanpa program PHBS) adalah program PHBS, tingkat pendidikan ibu serta sikap siswa terhadap program PHBS. Dari analisis Multivariat didapatkan bahwa variabel yang paling dominan berhubungan dengan perilaku siswa adalah program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Disarankan agar dilaksanakan program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi siswa sekolah dasar yang belum mendapat program PHBS agar nantinya dapat meningkatkan perilaku siswa mengenai hidup bersih dan sehat.
Daftar Bacaan : 29 (1985 - 2001)

Factors Toward Behaviour Elementary Student in 2 Primary School Lorok Pakjo Palembang, 2004Since 1996, Program for Improving Health Behaviour (PHBS) was one of the policies of the center for Health Education, Health Department Republic of Indonesia. This program involved five settings are Home, School, Health Institution, Work Place and Public Place. This program focused on how to improve health behaviour.
The objective of this study is to describe factors related to the behaviour of elementary student and the dominant factors of student behaviour.
This study was carried out on January until March 2004 at 2 (two) state Primary School ini Lorok Pakjo Palembang. The respondent of this study were 386 students of grade IV, V and VI in State Primary School 26 and 27 Lorok Pakjo Palembang.
This study was Cross-Sectional, using Univariate, Bivariate and Multivariate analysis. The result showed that the proportion of good health behaviour is 72,3 percent
The Bivariate analysis showed, that factors related to student behaviour are PHBS program, level of mother's education and attitude toward PHBS program. Multiivariat analysis that the most dominate factor was improving health behaviour program.
It is recommended that PHBS program should be implemented at primary school which do not have PHBS program to improve health behaviour of the students.

 File Digital: 1

Shelf
 T 13132-Faktor-faktor.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T13132
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13132 15-19-189534621 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78028
Cover