UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Balai dengan Disiplin Kerja Instruktur pada Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Barat

Surahmat; Bhenyamin Hoessein, examiner; Paulus Wirutomo, supervisor; Azhar Kasim, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel perilaku kepemimpinan Kepala Balai dengan variabel disiplin kerja Instruktur. Selain itu juga untuk mengetahui perbedaan perilaku kepemimpinan Kepala Balai dan disiplin kerja Instruktur pada beberapa Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (LLKUKM) di Jawa Barat.
Latar belakang dari penulisan tesis adalah masih adanya gejala-gejala ketidakdisiplinan Instruktur dan kepemimpinan Kepala Balai yang tidak mendukung produktivitas kerja dan profesionalisme dalam penanganan pelatihan. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda deskriptif dengan analisis statistik inferensial terhadap 90 sampel Instruktur dan enam LLKUKM di Jawa Barat.
Kerangka teori dalam penelitian ini adalah : 1). bahwa kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama dalam membangun disiplin sumber daya manusia, 2) berdasarkan teori X dinyatakan bahwa kelompok manusia X menuntut keterlibatan peranan pemimpin organisasi untuk mengarahkan, mengontrol, membina dan memaksa bawahan agar mau bekerja untuk mencapai tujuan organisasi. Sementara itu, kelompok manusia Y juga menuntut peranan pemimpin untuk mendorong, mendukung, melibatkan dan memberi motivasi bawahan ke arah tujuan organisasi. 3). Keterlibatan peran dari pemimpin itu adalah dalam wujud perilaku tugas dan perilaku hubungan seorang pemimpin dalam mengarahkan disiplin bawahannya kearah yang menunjang tujuan organisasi.
Hasil-hasil dari penelitian ini adalah : 1). Nilai koefisien korelasi antara perilaku tugas dan perilaku hubungan Kepala Balai dengan disiplin kerja Instruktur rx1,Q? = 0,5584. Koefisien determinasi adalah sebesar 1z= 0,3497 atau 34,97 % dengan persamaan garis regresi Y = 51,802 + 0,384 X1+ 0,318 X2.
Sementara itu dalam komparasi kedua variabel itu di enam LLKUKM terdapat hasil analisis perhitungan ANOVA sebagai berikut : 1). rata-rata perbedaan perilaku kepemimpinan pada beberapa LLKUKM dengan nilai F hitung = 4,18 dan 2). rata-rata perbedaan disiplin beberapa LLKUKM dengan nilai F hitung = 1,986.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah :1). Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara perilaku kepemimpinan Kepala Balai dengan disiplin kerja Instruktur 2). Terdapat perbedaan perilaku gaya kepemimpinan Kepala Balai yang sangat signifikan dan disiplin kerja Instruktur yang signifikan pada beberapa LLKUKM di Jawa Barat, 3) Sebanyak 34,97 % variabilitas disiplin. Kerja Instruktur dapat diprediksi oleh perilaku kepemimpinan Kepala Balai, sedangkan 65,03 % sisanya diprediksi oleh faktor lain.

 File Digital: 1

Shelf
 T7094-Surahmat.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 191 pages: illustration; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-438960385 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78172
Cover