UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perhatian, pemahaman dan sikap pemirsa terhadap isi ceramah televisi : studi tentang ceramah Hikmah Fajar di RCTI pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta

Umar Dhyana; Pinckey Triputra, supervisor ([Publisher not identified] , 1997)

 Abstrak

ABSTRAK
Televisi merupakan media massa yang sampai sekarang banyak dimanfaatkan orang sebagai alat untuk mendapatkan informasi.
Ini terbukti dengan adanya hasil penelitian Universitas Hasanuddin yang mengatakan bahwa 97% informasi masyarakat Desa Kota didapat dari Televisi. Kenyataan ini dimanfaatkan oleh stasiun-stasiun Televisi Swasta untuk pelancar pendidikan non formal masyarakat, seperti ceramah Agama Islam yang dilakukan oleh RCTI yang diberi nama Hikmah Fajar. Yang menjadi permasalahan adalah adalah hubungan antara perhatian dengan pemahaman dan sikap permisa terhadap isi ceramah Hikmah Fajar di RCTI.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perhatian, pemahaman dan sikap serta hubungan antara tingkat perhatian dengan pemahaman dan sikap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta terhadap isi ceramah Hikmah Fajar di RCTI. Teori yang digunakan adalah teori yang berhubungan dengan perhatian, pemahaman dan sikap, diantaranya ialah Cognitive Behavior dari Stephen W. Littlejohn. Metode yang digunakan ialah methode survey, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Obyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai sampel utama, dan masyarakat Kelurahan Cireundeu sebagai sampel pembanding. Sampel diambil dengan sistem sampling cluster satu tahap, jumlah sampel diambil dengan rumus Yamane. Analisa data menggunakan analisa deskriptif dengan cara distribusi frekuensi tabel tunggal. Untuk melihat hubungan antara variabel dilakukan analisa statistik korelasi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara perhatian, pemahaman dan sikap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta terhadap isi ceramah Hikmah Fajar di RCTI, akan tetapi hubungannya itu hanya sampai menunjukkan tingkat yang cukup memadai, karena itu disarankan perlu ada penelitian lanjutan dengan menggunakan metode dan desain lain.

 File Digital: 1

Shelf
 T1446-Umar Dhyana.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 97 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-713072395 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78402
Cover