UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Usulan jaringan intranet PLN untuk mendukung sistim informasi era listrik swasta

Eri Prabowo; Machmudin Junus, supervisor; Adhi Yuniarto L.Y., supervisor (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

ABSTRAK
Pekerjaan yang dilakukan dalam proyek akhir ini berkaitan dengan usulan pengembangan cara berkomunikasi dari beberapa cara yang telah ada dan beroperasi untuk mendukung sistem informasi operasi sistem tenaga listrik se-Jawa-Bali, khususnya dalam era kompetisi pembangkitan tenaga listrik.
Usulan ini merupakan alternatif pemanfaatan optimal dari kabel fiber optics yang telah terpasang sebagai back bone komunikasi dari Pulau Jawa bagian barat hingga tengah. Usulan ini juga berupaya mengembangkan terbentuknya suatu kerjasama tim antara unit pembangkit PLN yang telah ada dengan pembangkit-pembangkit swasta yang akan masuk jaringan interkoneksi dalam memenuhi kebutuhan dengan memperhatikan mutu, keandalan, dan ekonomi dan tenaga listrik yang dihasilkan.
PLN P3B (Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban) yang bertugas mengelola sistem tenaga listrik secara ekonomis, dengan mutu dan keandalan yang tinggi memiliki peran yang menentukan dalam merencanakan operasi pembangkit, peramalan beban, pengaturan tegangan, economic load dispatch, dan load frequency control.
Suatu bentuk teknologi jaringan komunikasi komputer (Intranet) diperkenalkan sebagai suatu alternatif jaringan yang tidak hanya mempunyai kemampuan tinggi, tetapi dari sisi biaya juga cukup ekonomis. Biaya pengadaan dan implementasinya, baik itu perangkat keras maupun perangkat lunaknya adalah relatif lebih murah dari alternatif jaringan lain.

ABSTRACT
The work carried out in this thesis dealt with the proposal of developing communication way from the existing operational information system to support the power system all over Java - Bali, in anticipating the electric power competition era.
This' proposal gives the idea in making extended benefits of using fiber optics communication system which has been installed as a back bone from western part of Java Island to Central Java. This proposal is to develop a good teamwork between staff from PLN existing power station and the coming private power station which will be interconnected in fulfilling the increasing needs of electricity. PLN LDC (Load Dispatching Center) plays an important role in planning, operating, and coordinating all power stations including privates.
Computer network technology (Intranet) is introduced as an alternative way to communicate between power stations; not only has a sophisticated level of services, but also is not expensive. The procurement and implementation expenses, either hardware or software, is relatively cheaper compared to other network alternatives.

 File Digital: 1

Shelf
 T5425-Eri Prabowo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 37 pages: illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-906266781 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78512
Cover