UI - Tesis (Membership) :: Kembali

UI - Tesis (Membership) :: Kembali

Studi tentang beban kerja perawat di Unit Rawat Inap Penyakit Dalam Lantai III Rumah Sakit Tebet Jakarta

Suryanti Gunadi; Emmy Salman, supervisor (Universitas Indonesia, 1997)
 Abstrak
ABSTRAK
Jasa pelayanan yang dihasilkan rumah sakit amat ditentukan oleh faktor manusia. Seperti kita ketahui perawat merupakan salah satu tulang punggung rumah sakit, dimana pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan di rumah sakit yang sering dijadikan cermin keberhasilan pelayanannya.

Di R.S Tebet, terdapat ketidak sesuaian pendapat antara administrator rumah sakit dengan bagian keperawatan tentang kecukupan jumlah tenaga perawat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan waktu keperawatan , yaitu kegiatan langsung, tidak Iangsung serta waktu yang digunakan untuk kegiatan pribadi. Dengan menganalisa pemanfaatan waktu keperawatan ini, maka dapat diketahui jumlah tenaga perawat yang dibutuhkan berdasarkan beban kerja secara rasional dan juga memperbaiki pendaya-gunaan perawat berdasarkan proporsi beban kerja, yang dengan demikian dapat diperbaiki pula metode kerja perawat, sehingga mutu pelayanan dapat ditingkatkan.

Penelitian dirancang secara deskriptif analitik dengan menggunakan studi work sampling . Populasi penelitian adalah pekerjaan perawat.

Hasil penelitian didapatkan bahwa jenis kegiatan tidak langsung lebih banyak dilakukan dibandingkan dengan kegiatan langsung dan untuk kegiatan pribadi di ruang rawat inap interna kelas II-III adalah 9,7%, sedangkan di kelas eksekutif,VIP, VVIP sebesar 17,4%, dengan waktu produktif sebesar 84% di kelas II-III sedangkan produktifitas di kelas eksekutif, VIP, VVIP sebesar 75%.

Dari hasil pengamatan didapatkan bahwa problematik yang ada lebih disebabkan karena sistim kerja . Berdasarkan kemungkinan penyebabnya, maka saran yang diajukan adalah sebagai berikut:
- Mempekerjakan tenaga yang khusus menangani administrasi biaya dan mempertimbangkan penggunaan komputer untuk administrasi biaya.
- Memberi tugas dan tanggung jawab lebih besar pada POS (pembantu orang sakit).
- Memperbaiki sistim kerja, agar terorganisir dengan baik.
- Memberikan motivasi kuat agar tidak sering terjadi perpindahan kerja perawat.
- Diperlukan perawat yang khusus untuk memberikan latihan ketrampilan perawatan dasar kepada perawat baru.
- Perlu dipikirkan sistim penugasan yang lebih berorientasi pads pasien.
- Perlu adanya peningkatan-peningkatan pengetahuan dan ketrampilan perawat.
- Penelitian lanjutan untuk mengetahui kualitas perawat.

ABSTRACT
A Study Regarding Nursing Workload At "Interna" Ward On The Third Floor Of Tebet Hospital JakartaHospital service is determined by the human factor. As we all know, nurses are amongst the backbone of a hospital, where nursing services form an internal part of hospital healthcare and it often reflects a succesful service of the hospital.

At Tebet hospital, there is a disagreement between the hospital administrator and the nursing division regarding a sufficient number of nurses.

This study aims to establish the usage of nursing time, ie direct and indirect activities as well as the time that is used for personal activities. With analysis on the nursing usage time, it can be discovered tote number of sufficient nurses required based on a rational workload, and it can also improve the application of nurses based on proportional workload and this in turn will improve the work method of the nurses, so that service level quality can be increased.

This observation has been developed based on descriptive analysis using " work sampling " study and the research population is the nursing task.

The study has established that the level of indirect activity is higher than direct activity and personal activity in the second and third class ward is 9,7 %, whereas in the EXECUTIVE, VIP AND VVIP class is 17,4%, with productivity level at 84% in second and third class, and the productivity of EXECUTIVE, VIP, VVIP class is 75%.

From the observation it is found that the problematics is cause by the work system. Based on the probability of the causes, the following suggestion is propord:
- To employ a specialist to handle the billing system and consider the application of computer for such a system.
- Empower higher authority and responsibility for POS.
- To improve the work method, so that it will be better organised.
- To grant a strong motivation , so that a higher turn- over on nurses can be avoided.
- Special nurses are required to give basic nursing shill to newly recruit nurses.
- Job assignment that is patient oriented needs to be considered.
- There should be an advancement of skill and knowledge of the nurses.
- There should be a further study to look at the nursing quality.
 File Digital: 1
Shelf
 T2036-Suryanti Gunadi.pdf ::

Catatan : Menu Anggota

 Metadata
No. Panggil : T-Pdf
Pengarang :
Pengarang/kontributor lain :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Naskah Ringkas :
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 118 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Catatan Bibliografi : pages 116-118
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-046802363 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78539