UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja dokter gigi puskesmas Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan

Azwan Anwar; Anwar Hassan, supervisor (Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kinerja adalah penampilan hasil karya personal dalam suatu organisasi, dapat merupakan penampilan individu maupun kelompok kerja personal. Kinerja Dokter gigi di Puskesmas merupakan karya suatu organisasi dan merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kesehatan masyarakat terutama dibidang kesehatan gigi dan mulut. Karena sebagian penyakit yang diderita oleh manusia bersumber dari mulut dan gigi. Selain itu peningkatan kinerja merupakan salah satu upaya untuk mempercepat tercapainya Indonesia Sehat 2010.
Berdasarkan laporan Sistem Pencatatan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) dan data Stratifikasi Puskesmas tahun 2002, menunjukkan sebagian besar Puskesmas kota Palembang pencapaian cakupan Upaya pelayanan kesehatan gigi masih rendah, yaitu 75 %. Puskesmas yang belum mencapai cakupan antara lain Puskesmas 5 Ilir 334,3 (69,79%), Puskesmas Taman Bacaan 342,3 (71,44%), Puskesmas Sei.Selincah 348,2 (72,6%) dan Puskesmas Sei.Baung 347,6 (72,57%).
Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran knerja dokter gigi dan faktor-faktor yang berhubungan dengan knerja dokter gigi terhadap pelaksanaan program kesehatan gigi dan mulut tahun 2003 di Puskesmas kota Palembang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik dan menggunakan desain penelitian Cross sectional. Populasi peneifitan adalah seluruh dokter gigi yang bertanggung jawab terhadap upaya Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas di kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2003. Hasil dari penelitian dianalisis memakai univariat dan bivariat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dokter gigi Puskesmas di kota Palembang yang baik 31 %. Sedangkan hasil dari analisis bivariat diperoleh hubungan yang bermakna antara variabel imbalan dengan Kinerja Dokter gigi.
Mengingat Imbalan merupakan variabel yang mempunyai hubungan yang bermakna terhadap kinerja dokter gigi, maka disarankan agar terhadap Dokter gigi yang mempunyai kinerja baik dan berprestasi agar diberikan reward atau penghargaan berupa kemudahan untuk pengurusan kenaikan pangkat atau pemberian insentif. Kemudian bagi dokter gigi yang berkinerja kurang diberikan teguran atau sanksi.
Daftar bacaan : 55 ( 1974 - 2004)

Factors Which Deal with Dentist Performance in Palembang City Puskesmas of South Sumatra ProvincePerformance is personnel creation result appearance in an organization, which can represent whether an individual or personnel working team. Dentist Performance in Puskesmas is an organization creation and represents one factor for improving public health especially in teeth health and mouth. Because some disease suffered by human being is becoming from mouth and teeth. Beside that, performance improvement is one of effort to haste in reaching Healthy Indonesia 2004.
Based on Puskesmas Inwrought Report Recording System (SP2TP) and Puskesmas Stratification data in the year 2002, showing that most of Puskesmas in Palembang town teeth health service strive coverage still low, which is 75%. Puskesmas which is not yet reached coverage for example are Puskesmas of 5 Strop 334,3 (69,79%), Puskesmas of Library 342,3 (71,44%), Puskesmas Sei.Selincah 348,2 (72,6%), and Puskesmas Sei.Baung 347,6 (72,57%).
Research target is to know the picture of dentist performance and factors which is related with dentist performance to teeth and mouth health program execution in the year 2003 in Palembang town Puskesmas.
This research representing quantitative research with analytic descriptive approach and Cross Sectional research design. Research populations are the entire dentist which is responsible to Health and Mouth Health in Palembang town South Sumatra Province in the year 2003. The result of research analyzed that it use univariate and bivariate.
Result research show that Puskesmas Dentist performance in Palembang town is 31% good. Meanwhile, from bivariate obtained meaningful relation between Reward variable with Dentist Performance.
Considering Reward as a variable which is having a meaningful relation to dentist performance, hence suggested that dentist who have a good performance and have an achievement has to be given a reward or appreciation in a form of amenity for promotion or incentive gift. Then for dentist who has a bad performance has to be given an exhortation or sanction.
Reading list: 55 (1974-2004)

 File Digital: 1

Shelf
 Faktor-faktor yang-TOC (T13128).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T13128
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13128 15-19-177669270 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78602
Cover