UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis pemanfaatan sistem informasi manajemen Rumah Sakit Kanker Dharmais

Adi Asmono; Amal Chalik Sjaaf, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

RS Kanker Dharmais telah mengembangkan paket Sistem Informasi Manajemen yang dibeli dari sebuah perusahaan software Australia yang dibeli nama Sistem Informasi ParaMedic, yang dirancang dapat mencakup hampir seluruh kegiatan di rumah sakit, dan sudah mulai dioperasikan sejak mulai dibukanya RS; yaitu pada tahun 1993.
Dari penelitian yang dilakukan dibeberapa unit kerja di RS Kanker Dharmais diketahui bahwa pemanfaatan Sistem Informasi ParaMedic masih belum seperti yang diharapkan, dalam arti masih ada beberapa unit kerja yang belum sepenuhnya memanfaatkan sistem tersebut contohnya Bagian Keuangan, Sub Bagian Kepegawaian, serta Sub Bagian Laporan dan Pelayanan Informasi, dan ada juga unit kerja yang menggunakan Sistem Informasi lain yang belum terintegrasi dengan Sistem Informasi ParaMedic contoh Instalasi Labotatorium Patologi Klinik.
Disamping itu pemanfaatan SIM-RS ParaMedic untuk keperluan Billing masih mengalami berbagai kendala.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses pemanfaatan Sistem Informasi Rumah Sakit, mengenali permasalahan yang ada, serta sekaligus mencari cara pemecahan masalah yang tepat.
Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan mengadakan pendekatan kualitatif. Metoda kualitatif dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam (indepth interview) terhadap petugas yang berkaitan dengan pengelolaan dan pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen RS Kanker Dharmais.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dibalik keunggulankeunggulan yang dimiliki, Sistem Informasi ParaMedic juga mempunyai beberapa kelemahan sehingga belum bisa memenuhi kebutuhan pengguna sistem, baik dari segi kecepatan mengakses data, kemampuan dalam menampilkan infomasi, serta pelaporan tentang hasil pemeriksaan medis. Oleh karena itu diusulkan adanya pengembangan Sistem Informasi Manajemen RS Kanker Dharmais dalam rangka mendukung kebutuhan operasional pada masa sekarang dan masa yang akan datang.

 File Digital: 1

Shelf
 T445 - Adi Asmono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : volume
Deskripsi Fisik : ix, 122 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-952627710 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78723
Cover