UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan Ganda Wanita Pengusaha Dalam Perspektif Ketahanan Nasional

Saragih, Herlina J.R.; Wan Usman, supervisor; S. Budhisantoso, supervisor; R.I. Wahono, supervisor; Parapat, Farel M., examiner (Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Penelitian yang berjudul "Peran Ganda Wanita Pengusaha Dalam Perspektif Ketahanan Nasional" mempunyai alur pikir sebagai berikut : Wanita berperan ganda memiliki peran dalam keluarga yaitu mendidik anak, menambah ekonomi keluarga, menciptakan kesejahteraan dan keamanan dalam keluarga, sehingga dapat mewujudkan ketahanan keluarga yang baik. Dalam masyarakat wanita berperan ganda dapat memperluas lapangan kerja, meningkatkan partisipasi dan emansipasi wanita dalam pembangunan, mengembangkan jasa enterpreneurship sehingga dapat menciptakan ketahanan masyarakat yang baik dan secara berjenjang akan menciptakan ketahanan lingkungan -> ketahanan wilayah -> ketahanan nasional.
Yang menjadi permasalahan adalah peran ganda wanita dianggap akan menggangu perannya sebagai ibu rumah tangga sehingga fungsi-fungsi seperti : pendidikan anak, mengurus suami, dan pekerjaan rumah tangga akan terbengkalai dan ini dapat menjadi anew-ran bagi kelangsungan atau eksistensi keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara lebih mendalam faktor-faktor apa yang mempengaruhi wanita pengusaha dalam berperan ganda dan bagaimana wanita pengusaha dalam berperan ganda mengatur curahan waktu untuk keluarga dan kerja sehingga terdapat keseimbangan peran.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan tujuan memberikan kejelasan dan hubungan antara variabel- variabel yang ditentukan. Untuk mengetahui apa yang mempengaruhi peran ganda wanita pengusaha akan diteliti bagaimana hubungan curahan waktu dan intensitas komunikasi dengan variabel usia responden, pendidikan, jumlah anak, kedudukan dalam perusahaan, konflik dalam keluarga, motivasi ibu bekerja, pendapatan keluarga, fasilitas keluarga, prestasi anak, bentuk keluarga dan sikap ibu terhadap keluarga dengan menggunakan statistik non parametrik yaitu teknik analisa chi-square.
Dari hasil analisa diperoleh bahwa terdapat hubungan dan keterkaitan antara faktor curahan walctu dan intensitas komunikasi dengan usia responden, jumlah anak, kedudukan dalam perusahaan, konflik dalam keluarga, pendapatan keluarga, fasilitas keluarga, bentuk keluarga dan sikap ibu terhadap keluarga. Tingkat keterkaitan yang paling erat adalah antara curahan waktu dengan sikap ibu terhadap keluarga, yaitu sebesar 0,494 dan antara intensitas komunikasi dengan sikap ibu yakni sebesar 0,491.
Dapat disimpulkan bahwa sikap ibu terhadap keluarga sangat menentukan motivasi dan tindakaii ibu dalam keluarga yang sejahtera dan aman sehingga kelangsungan hidup keluarga terjamin, dan yang merupakan kunci sukses dalam melaksanakan peran ganda adalah curahan waktu yang seimbang dan intensitas komunikasi yang baik. Kemampuan dim ketrampilan yang dimiliki wanita berperan ganda akan membantunya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai ibu dan sebagai wanita pengusaha sehingga peran ganda yang dilakukan tidak menimbulkan masalah yang patut dikhawatirkan.

 File Digital: 1

Shelf
 T7293-Herlina Saragih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 125 pages ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia. Pascasarjana
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-683156932 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 78777
Cover