UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi program siaran televisi pendidikan sekolah untuk sekolah menengah pertama (tinjauan dari segi kesesuaian materi program dengan tujuan inatruksional, teknik penyajian pesan, musik ilustrasi dan pemain)

Sherman Zein; Harsono Suwardi, supervisor; Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Eduard Lukman, examiner (Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Penelitian ini merupakan ponelitian evaluasi bersifat deskriptif yang bersifat memaparkan keadaan (apa dan bagaimana) program siaran televisi pendidikan sokolah ditinjau dari segi kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, teknik penyajian pesan, musik ilustrasi dan pemain pendukung.
Latar belakang masalah yang melandasi penelitian ini adalah banyaknya masalah dan kendala yang ditemui dalam usaha memeratakan kesempatan dan meningkatkan mutu pendidikan, perlu dicarikan pemecahannya yang lebih inovatif Satu diantaranya melalui pemanfaatan media massa televisi untuk program siaran televisi pendidikan sekolah.
Dalam pelaksanaanya yang diselenggarakan bersama antara PT. Cipta Televisi Pendidikan Indonesia dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan berdasarkan laporan penyelenggaraannya, ditemui masalah utama dimana program yang bersangkutan secara umum tidak menarik untuk ditonton siswa, khususnya dalam pola sajian.
Karena itu, perlu untuk melakukan kajian dan evaluasi yang mendalam terhadap isi program televisi pendidikan sekolah tersebut yang berkaitan dengan kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, teknik penyajian pesan, musik ilustrasi, dan para pemainnya.
Masalah pokok penelitian adalah, bagaimanakah kesesuaian materi program dengan tujuan instrukaional, teknik penyajian pesan, musik ilustrasi dan para pemain pendukung program baik secara umum maupun secara khusus untuk masing-masing bidang studi. Mencoba merancang sebuah model teknik penyajian pesan yang meliputi kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, kerangka kontek, pola sajian, struktur pesan (sisi pesan, urutan penyajian dan penarikan kesimpulan) dan daya tarik pesan pada program siaran televisi pendidikan sekolah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, teknik penyajian pesan, musik ilustrasi dan pemain baik secara umum maupun secara khusus untuk masing-masing bidang studi. Dan mencoba membuat sebuah model dalam teknik penyajian pesan yang meliputi kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, kerangka kontek, pola sajian, struktur pesan (sisi pesan, urutan penyajian dan penarikan kesimpulan) dan daya tarik pesan pada program siaran televisi pendidikan sekolah.
Kerangka pemikiran yang dijadikan landasan untuk mengkaji program tersebut adalah konsep tentang Teknologi Pendidikan, Media Pendidikan, Televisi Pendidikan, Formula Lasswell, Penerimaan Pesan, Information Integration Theory dan Program Siaran Televisi Pendidikan Sekolah.
Metodologi utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi program dan naskah (skenario) serta wawsncara dengan para. pengembang program. Sedangkan populasi dan sampelnya adalah program-program tersebut berikut naskahnya (skenario) dari delapan bidang studi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggeris, Biologi, Fisika, Elconomi Koperasi, Geografi dan Kependudukan, Matematika dan Pendidikan Keterampilan), periode 1 Januari - 31 Desember 1996, yang ditayangkan di Stasiun Televisi Pendidikan Indonesia
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional tidak tercapai secara mutlak. Beberapa dari program tersebut, materinya sebagian kecil tidak sesuai dengan tujuan instruksional, khususnya pada bidang studi Matematika, Ekonomi Koperasi dan Pendidikan Keterampilan.
Dalam hal teknik penyajian pesan pada aspek kerangka kontek, program masih kurang kaya menghubungkan materi program dengan isu-isu etau referensi lain. Dari tujuh belas pola sajian, hanya sembilan pola sajian yang sering digunakan yaitu, Dialog dan Visualisasi Gerak; Presenter, Dialog dan Viaualisasi; Visualisasi dan Narasi; Presenter dalam Diskusi dan Visualisasi; Presenter dan Visualisasi Gerak Presenter dan Dialog; Presenter dan Peragaan; Fragmen dan Presenter dan Perpaduan. Sedangkan aspek sruktur pesan, balik sisi pesan, maupun penyajian dan penarikan kesimpulan belum dirancang sesuai ketentuan untuk kepentingan khalayak sasaran. Dan aspek daya tarik pesan, program miskin dengan unsur-unsur daya tarik pesan seperti fear appeals, emotional appeals, rational appeals, dan humor appeals.
Pada musik ilustrasi program, hampir sebagain besar program musiknya bernuansa musik khusus, yaitu musik yang dirancang khusus untuk program. Sedangkan dalam hal pemain pendukung program dilihat dari gender/jenis kelamin, komposisinya cukup berimbang antara pria dan wanita. Dan rata -rata pemain per program 4 orang. Pemain dilihat dari segi usia, yang paling menonjol adalah usia remaja, sedangkan pesan yang paling menonjol adalah peran siswa. Dari segi popularitas, hampir seluruh pemain terdiri dari kalangan bukan artis.
Karena itu disarankan agar melakukan kajian lagi mencari penyebab tetjadinya sebagian kecil materi program tidak sesuai dengan tujuan instruksional. Menerapkan model teknik penyajian pesan yang meliputi kesesuaian materi program dengan tujuan instruksional, kerangka kontek, pola. sajian, struktur pesan (sisi pesan, urutan penyajian dan penarikan kesimpulan) serta daya tarik pesan. Selain itu mencoba memberi program dengan musik ilustrasi yang menggabungkan nuansa musik khusus dengan nuansa musik populer. Dan dari segi tokoh/peran, perlu untuk mempertimbangkan tokoh-tokoh dan peran-peran baru untuk ditampilkan dalam program.

 File Digital: 1

Shelf
 T10504-Sherman Zein.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ;
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xiii, 153 pages; illustration; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-986518652 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79061
Cover