UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi Perbandingan Metode Dampak Pertumbuhan Ekonomi terhadap Pasar Tenaga Kerja

Endang Sugiharti; Aris Ananta, supervisor; M. Djuhari Wirakartakusumah, supervisor; I Gusti Ngurah Agung, supervisor (Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Pendahuluan
Penelaahan mengenai pertumbuhan ekonomi dimulai dengan tulisan-tulisan dari para ahli ekonomi klasik Inggris. Mereka menulis bertepatan dengan pertumbuhan ekonomi modern yang baru saja muncul di negara-negara Barat. Oleh karena itu teori pertumbuhan ekonominya sebagian besar terkonsentrasi pada ekonomi pertanian dan pengaruh pertumbuhan penduduk terhadap sumberdaya alam yang terbatas. Dengan kondisi ini proses pertumbuhan didominasi oleh hukum makin berkurangnya hasil yang didapat yaitu the Law of Diminishing Return (Ricardo 1772 - 1823). Konklusi utama dari teori ini bahwa dalam jangka panjang akan terjadi penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi sampai terjadi keadaan stationer.
Akan tetapi dalam dekade-dekade berikutnya prediksi ini tidak terjadi di negara Barat sebab dengan kemajuan teknologi negara-negara tersebut masuk ke dalam era industrialisasi yang cepat sehingga meningkatkan nilai tambah dan memberikan lapangan kerja yang banyak. Perkembangan sektor industri di dalam ekonomi kapitalis ditulis secara rinci oleh Karl Marx, akan tetapi teori Marx banyak membahas masalah ideologi politik (political economics). Setelah Marx, ilmu ekonomi didominasi oleh aliran revolusi marjinal. Pendekatan ini menaruh perhatian terhadap masalah statik dari alokasi sumber daya yang tersedia di bawah kekuatan pasar untuk memuaskan selera dan pilihan konsumen. Meskipun demikian, teori dan analisis marjinal dapat dipakai di dalam menjelaskan pertumbuhan ekonomi terutama mengenai sumbagan marjinal tenagakerja dan modal di dalam pertumbuhan ekonomi?

 File Digital: 1

Shelf
 T7250-Endang Sugiharti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1997
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xii, 180 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-678147992 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79072
Cover