UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penentuan spesies candida yang berasal dari koloni-satu-spora dengan uji fermentasi dan asimilasi

Hesti Adininggar; Jan Susilo, supervisor; Pudji K. Sjarifuddin, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Ruang Lingkup dan Cara penelitian : Kandidosis bukan disebabkan oleh Candida albicans saja, dapat pula disebabkan oleh C. krusei, C. parepsilosis, C. lusitaniae, C. tropicalis, C. glabrata, C. stellatoidea, C. kefyr dan C. guilliermondii. Penentuan spesies Candida penyebab kandidosis di laboratorium umumnya ditegakkan dengan uji germ tube, CMT, EMB dan agar glukosa 0,1 %. Baik uji germ tube, CMT dan EMB maupun agar glukosa 0,1 % tidak dapat membedakan spesies-spesies Candida tersebut. Oleh karena itu diperlukan metode yang mampu mengidentifikasi semua spesies Candida. Untuk penentuan spesies tersebut dilakukan dengan uji fermentasi dan asimilasi deret gula yang merupakan uji Baku. Identifikasi pasti diperoleh bila tidak terdapat kontaminasi baik oleh bakteri maupun spesies Candida lain. Maka kepastian bahwa jamur yang diuji terdiri dari satu spesies saja harus terpenuhi. Selain mencegah kontaminasi, banyaknya macam deret gula yang diujikan juga perlu dipenuhi. Apabila macam deret gula yang diuji kurang dan ditemukan pola yang sama maka identifikasi pasti spesies tidak terpenuhi. Untuk memperoleh basil identifikasi spesies pasti maka dilakukan uji koloni-satu-spora sebelum uji fermentasi dan asimilasi deret gula dilakukan. Uji koloni-satu-spora yaitu pemumian koloni dengan Cara memisahkan spora-spora. Pada penelitian ini 9 isolat yang diperiksa berasal dari penelitian sebelumnya (Mulyati, tesis) dengan hasil "meragukan" dan 6 isolat dengan identifikasi spesies pasti, sebagai kontrol. Semua isolat pada penelitian ini diambil masing-masing 16 spora dengan perincian diambil 4 spora dan dilakukan sebanyak 4 kali. Koloni hasil pemumian yang tumbuh kemudian diidentifikasi dengan uji fisiologis deret gula, yaitu : glukosa, laktosa, maltosa, sukrosa, galaktosa, trehalosa, raffinosa dan cellobiosa.
Hasil dan Kesimpulan : Hasil identifikasi spesies Candida dari 15 isolat dengan uji fermentasi dan asimilasi 5 deret gula saja diperoleh 6 spesies Candida. Sedangkan hasil identifikasi spesies Candida dari isolat yang sama setelah dilakukan uji kolonisatu-spora sebanyak masing-masing 4 X 4 spora dan uji fisiologis 8 macam deret gula diperoleh 9 spesies Candida, 3 spesies tersebut adalah C. lusifaniae, C. kefyr dan C. guilliermondii. Baik pada isolat "meragukan" maupun kontrol ternyata dapat terdiri lebih dari satu spesies Candida. Maka hasil penelitian ini telah membuktikan bahwa penentuan spesies pasti Candida memerlukan uji koloni-satu-spora lalu uji fermentasi dan asimilasi dengan delapan macam deret gula.

 File Digital: 1

Shelf
 T574 - Hesti Adininggar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : vii, 67 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-664960554 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79235
Cover