UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Kepemimpinan perempuan dalam kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga di Kotamadya Pekanbaru

R. Syahdan Jaya; Riga Adiwoso, supervisor; Siti Hidayati Amal, supervisor ([Publisher not identified] , 1996)

 Abstrak

ABSTRAK
Eksistensi kaum perempuan dalam kehidupan sosial merupakan fenomena yang terus berkembang dan semakin dirasakan kebutuhan serta manfaatnya bagi kehidupan masyarakat. Batas nilai budaya tradisional yang menempatkan kaum perempuan pada sektor domestik dengan hanya mengemban pekerjaan mengurus rumah tangga, sedangkan kaum laki-laki berada pada sektor publik yang melakukan aktivitas di luar kehidupan rumah tangga semakin lama semakin memudar.

Beberapa program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah antara lain program keluarga berencana sangat bermanfaat bagi kaum perempuan untuk mengembangkan kemampuan dan aktivitasnya dalam kehidupan masyarakat. Dengan mengurangi beban kehamilan dan mengasuh anak bayi, kaum perempuan lebih banyak memiliki waktu untuk melakukan aktivitas di luar rumah seperti halnya kaum laiki-laki.

Bagi kaum perempuan yang sudah mampu melakukan kegiatan di sektor publik, terutama mereka yang melakukan aktivitas pada sektor perekonomian, ternyata mampu membantu para suami secara materiil dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Seperti yang dialami oleh kaum perempuan yang berperan sebagai pemimpin kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga di Kotamadya Pekan Baru Propinsi Riau. Dari pengalaman kaum perempuan yang berperan sebagai pemimpin kelompok dimaksud, ternyata mereka mampu menambah penghasilan keluarga dan hubungan harmonisasi dalam kehidupan rumah tangga dapat berlangsung dengan baik. Hanya saja karena masih terdapat pengaruh nilai budaya tradisional dan nilai-nilai religius yang menempatkan kaum perempuan dalam rumah, maka aktivitas kaum perempuan di sektor publik masih memerlukan pengertian dan dukungan dari semua pihak.

 File Digital: 1

Shelf
 T3303-R. Syahdan Jaya.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1996
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 152 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79315
Cover