UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh pajanan uap methyl ethyl ketone terhadap fungsi paru pada pekerja perempuan di pabrik sepatu Tangerang, 2002

Inneke Magdalena; Wawolumaja, Corrie, supervisor (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

LATAR BELAKANG : Para pekerja perempuan yang bekerja dalam pabrik sepatu sangat rawan terhadap pajanan uap pelarut organik, dalam hal ini Methyl Ethyl Ketone (MEK) yang masuk melalui jalur inhalasi. Cleh sebab itu perlu diteliti pengaruhnya terhadap fungsi paru.
METODE : Desain penelitian adalah crass sectional. Data yang dipakai adalah data sekunder hasil pemeriksaan kesehatan pekerja tahun 2002. Sampel diambil dari pekerja perempuan dari departemen yang paling banyak terpajan uap pelarut MEK, dengan data-data lengkap sesuai dengan faktor yang akan diteliti. Kemudian dibandingkan antara pekerja dari dua departemen untuk melihat pengaruh uap pelarut organik berdasarkan kadar uap pelarut di udara tempat kerja.
HASIL DAN KESIMPULAN : Data yang diolah sebanyak 88 kasus. Faktor risiko yang diteliti berkaitan dengan umur, masa kerja dan status gizi. Didapatkan hasil yang tidak bermakna untuk semua faktor risiko lersebut (p.0,05). Hasil penelitian juga tidak menunjukkan adanya hubungan yang bermakna dari pengaruh pajanan uap MEK terhadap fungsi paru.

Influence Of Gas Of Methyl Ethyl Ketone Toward Lung Function Of Female Labor Of Footwear Factory X In Tangerang, 2002BACKGROUND : Female labour, who work at footwear factory, are very fragile toward gas of organic solvent exposure that absorbs through inhalation. This study is performed to analize the influence of gas of Methyl Ethyl Ketone toward lung function.
METHOD : The research uses cross sectional study design with secondary data which is result of labour medical examination in 2002. Samples are female labour from department that mostly expose to gas of MEK whom have complete data. Comparison is also made between two department to analize the influence of gas of organic solvent based on the concentration in working environment air.
RESULT AND CONCLUSION : Total sample are 88 cases. Study is made upon risk
factors as age, working time and nutritional status. Results show there are no relationship between those factors to lung function disorder (p>0,05). There are also no relationship between influence of gas of MEK toward lung function.

 File Digital: 1

Shelf
 T 13650-Pengaruh pajanan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T13650
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T13650 15-17-885809290 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79612
Cover