UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi pemanfaatan Paviliun Mawar RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta

Rini Sutjiati; Purnawan Junadi, supervisor; Amal Chalik Sjaaf, examiner; Ridwan Zahdi Sjaaf, examiner; Hermansyur K., examiner (Universitas Indonesia, 1996)

 Abstrak

Kepres.No.361tahun 1992 tentang Rumah Sakit sebagai Unit Swadana, merupakan Dasar Hukum RSCM untuk mengikut sertakan dana masyarakat dalam pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Paviliun Mawar merupakan salah satu bukti upaya realisasi Kepres. tersebut, namun masih belum diikuti dengan pemanfaatan yang optimal oleh masyarakat sebagai pengguna jasa, baik pasien maupun dokter-dokter spesialis RSCM. sebagai pemberi jasa pelayanan kepada masyarakat. Melihat kenyataan tersebut diatas, maka diadakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik pasien yang sudah memanfaatkan jasa Paviliun Mawar, dan mengetahui bagairnana pendapat mereka terhadap pelayanan yang ada. Selain itu juga perlu mengetahui bagaimana pendapat para dokter serta menejer dalam menilai kualitas pelayanan Paviliun Mawar saat ini, menuju- ke pengembangan pelayanan Paviliun Mawar ke arah pelayanan yang lebih profesional dalam mengantisipasi era globalisasi perumah sakitan di tahun 2000.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan disain penelitian deskriptif eksploratif. Metoda pengumpulan data vaitu wawancara biasa dan wawancara mendalam, serta dilengkapi data kuantitatif yang diperoleh meialui pengisisan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis persentase dilanjutkan dengan analisis kualitatif untuk seluruh hasil penelitian. Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran karakteristik pasien yang mempunyai peluang baik bila ditilik dari sudut segmentasi pemasaran rurnah sakit,yaitu sebagian terbesar adalah usia produktif, pria, kepala keluarga dan dengan latar pendidikan Akademi dan Perguruan Tinggi. Tingkat kepuasan terhadap pelayanan cukup memadai,penilaian terhadap, tarif yang berlaku tidak menjadi niasalah bagi pasien, kecuali peserta PHB. Oleh karena itu apabila dikelola dengan baik , Paviliun Mawar akan menjadi asset yang baik bagi RSCM di kemudian hari. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa temyata belum semua dokter spesialis di RSCM mengetahui dan memperoleh informasi mengenai adanya fasilitas pelayanan rawat inap kelas VIP Paviliun Mawar yang dapat digunakan sebagai lahan praktek pribadi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus memperoleh dana sesuai yang diharapkan (tarif swasta).
Paviliun Mawar RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta dapat meningkatkan peranannya sebagai salah satu Unit Swadana RSCM dengan lebih baik apabila dapat mengoperasionalkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Hal ini dapat diwujudkan apabila faktor penghambat yang ada pada saat ini dapat dikurangi dan informasi yang rnasih minim ditingkatkan secara lebih proporsional dan profesional. Dalam hal ini keterlibatan Pimpinan Puncak RSCM bersama-sama para pengelola Unit Swadana, dalam penysunan Strategi dan kebijakan Rumah Sakit adalah merupakan kunci sukses keberhasilan dalam meningkatkan Pemanfaatan Paviliun Mawar RSCM.

As a consequence of rapid economic growth, Jakarta has changed a lot in the Iast decade. New Hospital with modern equipments and facilities have been established to cope with the rising demands for better medical services.
Dr Cipto Mangunkusnmo Hospital has also transformed themselves so that its may join the competition. But the other hand there is limited Goverment Budged only 5O%-611% from the whole budged come from MOH. Base on Kepress no.361I442 Dr Cipto Mangunkusumo Hospital inagurated as Swadana Hospital. Doe to this its be able to mobilized of the community resources and fund through privatization of the medical services such as one day care, in patient department ed. t o become private class unit, once is The Mawar Pavillion.
This study is conducted in order to investigated relative contribution of input and services process factors and determined most important one there are affects the utilization of The Mawar Pavillion of Dr Cipto Mangunkusumn Hospital.
The finding can he sunanierized as follows : Bed Occupancy Ratio of The Mawar Pavillion is still low (44,86 % up to 53,20%), the patient characteristics are good as market sharing. They come from high educated people with good impression and high satisfaction feeling to the Mawar Pavillion services.
The main factors are both of the patients (customer) and the doctors (provider) as well cannot get easy information on the available health care facilities, particularly availability of the Mawar Pavillion. The Mawar Pavilion will be a good asset of The Hospital. if the ton management of the hospital involved to solve the problem and recognized the Mawar Pavillion to improve its role and can operate its resources more effective, and efficient as well.

 File Digital: 1

Shelf
 T7813-Rini Sutjiati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1996
Bahasa : Ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : v, 85 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-288572394 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80388
Cover