UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Model dinamika sistem permintaan penerbangan penumpang komersial

Djoko Sihono Gabriel; Sri Bintang Pamungkas, 1945-, supervisor; Amar Rachman, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Transportasi udara merupakan kebutuhan yang bersifat strategis bagi berbagai keperluan, oleh karena itu penyelenggaraannya memerlukan perencanaan secara akurat. Salah satu aspek penting dalam masalah ini adalah perkembangan jumlah penumpang penerbangan komersial.
Untuk memproyeksikan dan mengantisipasi perkembangan jumlah penumpang penerbangan diperlukan adanya model yang bekerja dengan mekanisme sebab-akibat, agar hasilnya responsif terhadap perubahan sistem sebab. Dalam model ini penumpang dikelompokkan dalam tiap jenis keperluan perjalanan dan disusun sistem sebabnya masing-masing. Dengan simulasi komputer, model dinamika sistem ini telah menunjukkan kemampuannya dalam menjelaskan struktur masalah dan mekanisme sebab-akibat yang dapat memprediksi dan memproyeksikan kemungkinan yang akan terjadi. Model ini juga mampu dengan cepat menyajikan sensitifitas permintaan terhadap perubahan tiap sistem sebab atau beberapa sistem sebab sekaligus.
Implementasi model dinamika sistem ini akan lebih berhasil apabila memperoleh dukungan data yang lebih lengkap, teratur pengumpulannya, akurat dan sistematik penyajiannya. Pengembangan lebih lanjut terhadap model faktor penyebab juga sangat mendukung keefektifan implementasi model ini. Kerja sama antar instansi dan pakar berbagai bidang keahlian untuk mengembangkan model ini lebih lanjut akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi berbagai pihak yang berhubungan dengan kegiatan penerbangan.

ABSTRACT
Air transportation is an important need which serves various trip purposes, therefore, this services should be planned accurately. One of the most important aspects to solve the problems is the growth of commercial flight passengers.
Projecting and anticipating the growth of commercial flight passengers needs a model that works based on causal-effect mechanism, to produce responsive solutions caused by causal systems changes. These models classify the passengers by trip purposes and build the structures of causal systems for each trip purpose. Using computer simulations, the system dynamics models show its ability to explain the structures of the problems as well as the causal mechanism in predicting and projecting of the demand in the future. These models can also generate a sensitivity evaluation of the demand if the causal system or systems will change.
Implementation of the system dynamics models will work more successfully if supporting data collected completely by systemic procedures as well as its representations. Further development of these models for causal systems also contributes the effectiveness of the models. Cooperation of institutions and various experts will give optimum benefits for those who involved in the air transportation fields.

 File Digital: 1

Shelf
 T2019-Djoko Sihono Gabriel.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 54 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-942196519 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80569
Cover