UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pandangan khalayak pembaca terhadap tabloid wanita : studi tentang tingkat harapan dan tingkat kepuasan khalayak pembaca Tabloid Wanita Nova dan Wanita Indonesia di wWilayah Jakarta Selatan

Sri Mustika; Andre Hardjana, supervisor; Muhammad Budyatna, supervisor (Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentang pandangan khalayak pembaca terhadap tabloid wanita Nova dan Wanita Indonesia. Pembahasan pandangan khalayak pembaca ini meliputi tingkat harapan (gratifications sought) dan tingkat kepuasan yang diperoleh (gratifications obtained) pembaca.
Da1am penelitian ini digunakan metode survai. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berpedoman pada daftar pertanyaan yang sebagian besar terdiri dari pertanyaan setengah terbuka. Responden penelitian ini berjumlah 150 wanita yang berlangganan tabloid Nova dan Wanita Indonesia, dan berdomisili di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Hasil pengumpulan data lapangan diolah dengan memakai program komputer SPSS (Statistical Package for Social Science).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya pembaca memiliki tingkat harapan dan tingkat kepuasan yang sama tinggi terhadap tabloid yang dibacanya. Berdasarkan status pekerjaan responden, ternyata juga tidak terdapat perbedaan yang mencolok antara tingkat harapan dan tingkat kepuasan pembaca berstatus ibu rumah tangga dan pembaca berstatus wanita bekerja.
Tidak tampaknya perbedaan GS dan GO pembaca tabloid ini disebabkan masih terdapatnya sikap mendua dari para wanita bekerja. Mereka belum sepenuhnya dapat menanggalkan citra diri mereka sebagai ibu rumah tangga. Akibatnya, dalam kehidupan sehari-hari mereka tetap concern terhadap urusan kerumahtanggaan Yang banyak dimuat dalam tabloid wanita.
Dari penelitian ini pula'diperoleh data bahan bagi pembaca dua tabloid, kedua bahan bacaan ini merupakan komplementer (pelengkap satu terhadap yang lain) dan bukan merupakan alternatif.

 File Digital: 1

Shelf
 T4225-Sri Mustika.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 91 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-677156374 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80857
Cover