UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perhitungan dan analisa faktor produktivitas total PT PLN dari tahun 1985/86 sampai dengan tahun 1994/95

Sampurno Sastroputro; ; Rinaldy Dalimi, supervisor ([Publisher not identified] , 1995)

 Abstrak

ABSTRAK
Perusahaan Listrik merupakan perusahaan yang dalam operasinya banyak diatur oleh kebijaksanaan pemerintah dan kebanyakan tidak beroperasi di pasaran bebas, sehingga untuk mengukur kinerjanya tidak bisa semata-mata dilihat dari segi keuntungan dan tingkat pengembalian modalnya.
Untuk menilai kinerja perusahaan listrik bisa dengan melihat indikator-indikator operasinya, baik indikator teknik maupun non-tekniknya yang jumlahnya cukup banyak. Tetapi dengan cara ini tidak bisa dilihat kinerjanya secara global (total), sehingga untuk menilai kinerjanya secara global diperlukan suatu metode untuk pengukurannya.
Faktor Produktivitas Total (FPT) merupakan indikator kinerja (produktivitas) perusahaan listrik secara global (total) yang dinyatakan secara kuantitaif dan dihitung dari beberapa produktivitas faktor produksinya beserta pangsa biayanya, dan merupakan suatu model perbandingan. Model ini dikembangkan oleh CRIEPI (Jepang) dan ditetapkan perusahaan - perusahan listrik di Jepang pada tahun 1980 sebagai dasar dan diberi nilai 100.
Angka FPT sebagai indikator Produktivitas perusahaan listrik secara total merupakan nilai global dari berbagai indikator-indikator teknis dan non teknis, sehingga korelasi antara nilai FPT dengan indikator - indikatornya tersebut bisa dicari. Hal ini perlu untuk analisa perbaikan operasi sistem suatu perusahaan listrik.
Agar kinerja PT PLN secara global sampai dengan tahun 1994/95 dapat diketahui, maka dalam tesis ini dihitung dan dianalisa angka FPT PT PLN baik untuk PLN total maupun untuk sistem Jawa-Bali saja. Kecuali itu juga dihitung dan dianalisa korelasi angka FPTnya terhadap beberapa indikator tekniknya termasuk faktor angka padam (gangguan) yang sebelumnya belum dimasukkan.

 File Digital: 1

Shelf
 T8482 - Sampurno Sastroputro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : ix, 59 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-458733139 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80986
Cover