UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi prevalensi kehilangan pendengaran dan faktor-faktor yang berhubungan di PLTU Muarakarang Jakarta tahun 1995

Adiati Ika Wulandari; Soeharnyoto Martomulyono, supervisor; Tata Sumitra, examiner; Suryanto, examiner; Sutanto Priyo Hastono, examiner; Ridwan Zahdi Sjaaf, examiner (Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Dalam rangka perlindungan tenaga kerja maka pemerintah menyusun peraturan perundang-undangan ketenaga kerjaan yang menyangkut Kesehatan Kerja yaitu Peraturan Menaker No. Per 03/Men/1982. Disain penelitian ini adalah cross sectional. Untuk memperkuat data kuantitatif yang ada dilakukan wawancara yang mendalam agar diketahui hubungan kemungkinan kehilangan pendengaran pada pekerja yang berhubungan dengan bising tempat kerja.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bising tempat kerja dan penggunaan alert lindung telinga mempunyai hubungan dengan kehilangan pendengaran. Sedangkan umur dan lama kerja tidak mempunyai hubungan dengan kehilangan pendengaran. Hal ini mungkin karena rotasi tempat kerja yang tidak teratur waktunya dan jumlah pekerja yang berumur di atas 50 tahun hanya sedikit.
Dari hasil evaluasi untuk melihat ada tidaknya interaksi dan faktor manusia yang merupakan konfounding ternyata hasilnya semua negatif, ini berarti bahwa faktor umur, lama kerja dan penggunaan alat lindung telinga tidak mempunyai interaksi dengan bising tempat kerja dan ketiga faktor tersebut juga bukan merupakan konfounding.

In order to protect Indonesian man power, the government has composed rule of Man Power Act, related to Work Health i.e. rule of Man Power Minister (Menaker) no. Per.03/Men/1982. The design of this research is cross sectional. To strengthen the existing quantitative data, we held a comprehensive interview, so the relation of possibility man powers loss of hearing due to the noisy work place can be identified clearly.
The result of this research proves that noisy work place and use of ear protector have a relation ship with the loss of hearing. Meanwhile age and duration of work do not have relationship with the loss of hearing. This is, possibly caused by irregularly rotation of work place and only a little amount of man power with age above 50 years.
From the result of evaluation for investigating interaction and confounding factor, proves that the results are negative, this means that age, duration of work and use of ear protector do not have interaction with the noisy work place and the three factors as mentioned above are not confounding.

 File Digital: 1

Shelf
 T10034-Adiati Ika Wulandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : v, 70 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-080400143 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81362
Cover