UI - Pidato :: Kembali

UI - Pidato :: Kembali

Perinatologi pencegahan konsep untuk kesehatan generasi mendatang

Gulardi Hanifa Wiknjosastro; (UI-Press, 1995)

 Abstrak

Perinatologi merupakan suatu ilmu yang berkaitan dengan berbagai disiplin terutama Ilmu Obstetri, Ilmu Kesehatan Anak dan Ilmu Anestesi. Dalam kesempatan ini topik ini diajukan khususnya mengenai perkembangan janin dan kelahiran bayi.
Sejak lama orang telah memperhatikan biologi kelahiran. Dalam dokumen dari Mesir kuno, digambarkan orang telah membantu kelahiran sapi. Mamalia selalu mencari tempat kelahiran yang aman, di sarangnya atau di bawah pohon. Perilaku tiap spesies memang berbeda-beda. Bisa saja beranak sendirian, tapi di pihak lain-sebagaimana gajah yang betina lebih suka bila ditonton oleh yang lain. Hal ini dapat pula terjadi pada suku dan berbagai adat kebiasaan manusia.
Proses persalinan bagi hampir semua wanita merupakan stres dan hanya satu yang mereka harapkan ialah keselamatan dan keamanan.
Dengan demikian keselamatan pasien harus diutamakan dan tindakan yang di lakukan dasarnya harus ilmiah. Namun diakui bahwa pengetahuan pasien dan dokter adalah relatif. Di pihak lain sebenarnya pasien juga mempunyai otonomi, yaitu hak untuk menentukan apa yang akan dilakukan terhadapnya. Dalam hal ini, dokter atau penolong harus jujur pada waktu memberikan informasi mengenai alternatif tindakan atau cara persalinan.
Kematian ibu dan perinatal seharusnya tidak terjadi.bila penyakit dalam kehamilan dapat dihindari atau dikendalikan. Kini dan di masa depan yang menjadi masalah utama ialah asfiksia, dan bayi dengan berat lahir rendah, baik disebabkan oleh kelahiran preterm maupun pertumbuhan janin terhambat. Teknologi untuk menangani hal tersebut sudah ada, namun bagi negara berkembang dengan terbatasnya prasarana, tenaga dan dana, maka cara pencegahan dan perawatan kesehatan merupakan jawaban yang tepat dibandingkan pengembangan teknologi canggih untuk menangani komplikasi penyakit yang berat. Dengan demikian rumah sakit dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengobatan secara efisien. Untuk itulah diajukan konsep ini yang mungkin dapat menghemat dana kesehatan dalam rangka menyelamatkan ibu dan bayinya.

 File Digital: 1

Shelf
 PGB 0102-Gulardi H. Wiknjosastro.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Pidato
No. Panggil : PGB 0102
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: UI-Press, 1995
Physics40 pages ; 21 cm.
Type
Format
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
PGB 0102 11-19-155867812 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81596
Cover