UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rancangan Sistem Akuntansi Biaya Berdasarkan Aktivitas pada PT Ciptakemas Abadi : suatu Studi Kasus

Andi Saddawero; Hugeng; Wahjudi Prakarsa Benjamin, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995)

 Abstrak

Hampir seluruh perusahaan manufaktur di Indonesia masih menggunakan sistem akuntansi biaya konvensional. Di sisi lain, dunia usaha telah berubah sehingga biaya pengumpulan dan pengolahan informasi semakin murah, intensitas persaingan antar perusahaan semakin meningkat, dan produk yang dihasilkan makin banyak ragamnya. Dengan perubahan ini, sistem konvensional tidak dapat lagi menyajikan informasi yang dapat diandalkan manajemen dalam proses pengambilan keputusan stratejik.
PT Ciptakemas Abadi adalah sebuah perusahaan manufaktur kemasan fleksibel yang berada di bawah Indofood Group. Perubahan dunia usaha menyebabkan perusahaan ini harus bersaing dengan perusahaan sejenis, walaupun sebagian besar produknya digunakan oleh anak-anak perusahaan dalam Indofood Group sendiri. Dengan sistem akuntansi biaya konvensionalnya, perusahaan tidak dapat lagi menghitung biaya produknya secara akurat.
Karya akhir ini bertujuan untuk merancang suatu sistem akuntansi biaya baru untuk PT Ciptakemas Abadi. Rancangan sistem baru dilakukan berdasarkan pendekatan aktivitas, dimana perhitungan biaya produk akan didasari oleh aktivitas yang mengkonsumsi sumber daya.
Proses perancangan dilakukan dengan memperhatikan sifat perusahaan dan menghindari timbulnya kompleksitas sehingga sistem yang baru dapat diimplementasikan dengan mudah dan spesifik untuk PT Ciptakemas Abadi. Dengan sistem baru ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan kinerjanya karena memperoleh informasi mengenai biaya produk sebenarnya dan nilai tambah yang dihasilkan oleh suatu aktivitas.
Karya akhir ini juga mencoba mengajukan suatu rancangan sistem pengukuran kinerja perusahaan menggunakan berbagai variabel diluar bidang keuangan perusahaan, yaitu bidang internal dan bidang pelanggan, yang dikenal sebagai balanced scorecard. Metode pengukuran kinerja ini dapat menggunakan informasi yang dihasilkan oleh sistem akuntansi biaya baru tersebut.

 File Digital: 1

Shelf
 T8636 - Andi Saddawero dan Hugeng.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xi, 118 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-165415704 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81688
Cover