UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengelolaan terpadu masalah kebisingan : Studi kasus di PLN Muarakarang, Jakarta = integrated management of noise problem : case study at muarakarang state electricity company Jakarta

S. Sediono; Umar Fahmi Achmadi, supervisor; Rustamadji, supervisor ([Publisher not identified] , 1993)

 Abstrak

ABSTRAK
PLTU/PLN di Muarakarang Jakarta adalah Perusahaan Negara Pembangkit Tenaga Listrik dan merupakan bagian dari sistem jaringan listrik terpadu Java Grid . Tugas utama unit ini ialah memasok kebutuhan energi listrik seluruh Pulau Jawa bersama Unit Pembangkit Listrik lainnya di Pulau Jawa. Unit ini berlokasi di Teluk Jakarta sebelah utara kota Jakarta. Unit ini seluruhnya memiliki sejumlah 700 MW kapasitas tenaga listrik dan terdiri dari 5 turbin uap, 3 turbin masing-masing berkapasitas 100 MW dan 2 turbin uap lainnya masing-masing berkapasitas 200 MW. Lokasi ini dahulu adalah daerah berawa, kosong, tanah tandus dan merupakan daerah yang terlupakan, akan tetapi sekarang menjadi daerah yang menarik yang dilengkapi dengan sarana memancing ikan, kota-kota kecil dan desa-desa nelayan kecil, daerah pemukiman dan real estate.
Kemungkinan daerah ini akan menjadi daerah yang maju sebagaimana kakaknya kota Jakarta dalam waktu dekat. Apabila beroperasi, unit ini terdiri dari mesin yang berputar, bergerak, berekspansi, bergetar dan oleh karena melibatkan sejumlah besar udara, gas, uap, uap superheat, minyak bertekanan dan bersuhu tinggi, gangguan kepada lingkungan, karyawan dan masyarakat sekitarnya tidak dapat dielakkan. Pada umumnya gangguan bising dapat mempengaruhi keadaan fisik dan psikologis manusia. Penelitian ini dapat digolongkan ke dalam macam penelitian deskriptif-analitik dan juga dimaksudkan untuk dapat menggambarkan keadaan obyek yang diteliti dalam arti hanya memperoleh informasi belaka. Juga tidak dimaksudkan untuk mencari ketergantungan antara berbagai variabel, mengetes hipotesis, atau membuat ramalan serta memperoleh informasi, walaupun penelitian semacam itu yang ditujukan untuk memperoleh informasi serupa dapat pula dinamakan penelitian deskriptif-analitik (Achmadi 1990).
Penelitian ini dilaksanakan setelah memenuhi beberapa persyaratan yang diusulkan oleh penulis. Langkah berikutnya ialah mengumpulkan data tentang bising dari perpustakaan. Data bising primer dari sejumlah 457 titik yang tersebar di
unit telah diperoleh lewat pengukuran. Tingkat bising maksimum yang diperoleh menunjukkan adanya daerah bising yang perlu diperhatikan.

 File Digital: 1

Shelf
 T6673 - S. Sediono.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1993
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xx, 174 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-758663671 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81726
Cover