UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan kepuasan pasien/keluarga dengan upaya pelayanan rawat inap R.S. HUSADA Jakarta

Nani H. Goenawan; Purnawan Junadi, supervisor ([Publisher not identified] , 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran pada khususnya, serta perkembangan masyarakat pada umumnya telah mempengaruhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan baik jenis maupun mutunya.
Pada dewasa ini peranan rumah sakit selalu diukur dari keberhasilannya dalam memberikan pelayanan medik secara baik dan memuaskan sehingga mempercepat penyembuhan orang sakit.
Kemampuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memberikan dampak positif kepada masyarakat sangat tergantung pada tersedianya tenaga yang terlatih dan memiliki perilaku yang luhur sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dilayani.
Betapapun efisien prosedur yang diciptakan dengan ditunjang kelengkapan fasilitas dan sarana, namun tidak akan mempunyai arti apabila tidak diolah dan ditangani oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai dalam jumlah yang cukup, serta mempunyai sikap mental yang baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang keadaan dan hubungannya antara kepuasan pasien/keluarga terhadap upaya pelayanan rawat inap.
Penelitian ini bersifat survei dengan pendekatan cross sectional dari data primer yang didapat melalui kuesioner.
Teknik analisa statistik yang digunakan adalah analisa prosentase, koefisien korelasi Spearman dan analisa regresi sederhana.
Dari hasil analisa prosentase upaya pelayanan rawat inap RS HUSADA cukup baik, dan cukup memuaskan, dan hasil analisa korelasi Spearman menunjukkan bahwa hanya beberapa variabel bebas yang mempunyai hubungan yang kuat dengan variabel terikat (kepuasan pasien/keluarga).
Berdasarkan hasil yang didapat, maka saran-saran yang dikemukakan adalah meningkatkan pelayanan penerimaan pasien, administrasi/ keuangan serta meningkatkan kualitas pelayanan tenaga medis/paramedis agar lebih memuaskan pasien dan pemantapan dalam pembinaan penilaian mutu pelayanan.

 File Digital: 1

Shelf
 T2001-Nani H Goenawan.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 148 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-17-682510422 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81912
Cover