UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Manajemen majalah komunitas (Studi kasus info Kelapa Gading dan Sunter) = Community mapers management (Case study of info Kelapa Gaging and Sunter)

Christopher Nugroho; Dedy Nur Hidayat, supervisor (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kiat bagi investor media cetak untuk tetap hidup dan berkembang adalah bermain di wilayah yang lebih sempit, segmentatif, dan fokus. Hal tersebut mendorong lahirnya media cetak yang lingkup pembahasan dan cakupan areanya lebih sempit, yaitu media cetak komunitas. Majalah Info Kelapa Gading dan majalah Sunter merupakan media cetak komunitas yang mampu bertahan dan berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan manajemen majalah Info Gading dan majalah Sunter yang hingga kini tetap hadir, dan meiihat faktor - faktor yang mempengaruhi eksistensi kedua majalah tersebut.
Peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus, dan penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif. Obyek penelitian adalah majalah Info Kelapa Gading dan majalah Sunter. Unit pengamatan adalah individu - individu pengelola kedua media komunitas tersebut. Analisis data menggunakan analisis komparatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri.
Pada bagian Analisis, peneliti antara lain menemukan bahwa penerapan manajemen redaksi dan usaha kedua majalah ditunjukkan dengan adanya kegiatan perencanaan, pengorganisasian atau pembagian tugas, penggerakan, dan pengawasan.
Salah satu kesimpulan dan penelitian ini adalah bahwa keberhasilan kedua majalah tersebut tidak terlepas dari penerapan fungsi manajemen. Dalam hal ini, peranan pemimpin umum kedua majalah sangat besar untuk merumuskan dan memutuskan kebijakan kebijakan yang akan dijalankan.
Kedua majalah hadir sebagai media informasi komunitas dan sekaligus juga media untuk beriklan bagi warga komunitas yang dilayaninya. Hal tersebut didukung terutama oleh kemampuan mengelola redaksional yang sesuai dengan kebutuhan warga komunitas dan distribusi yang menjangkau sasaran pembaca yang jelas.
Salah satu implikasi akademis, penelitian ini menunjukkan bahwa berbeda dengan karakter media komunitas menurut Jankowski (2002), yang bersifat non komersial dan dikerjakan oleh pekerja non profesional dan sukarelawan, sedan awal kedua majalah tersebut diterbitkan dengan orientasi mendapatkan keuntungan. Lembaga penerbitan yang dipilih adalah perseroan terbatas. Sedangkan pengelolaannya, menerapkan fungsi manajemen dan melibatkan sejumlah tenaga profesional.
Peneliti merekomendasikan agar dilakukan kajian dan penelitian lebih lanjut mengenai aspek eksternal majalah, yaitu penelitian mengenai persepsi konsumen majalah. Dengan demikian, dapat diketahui hal - hal apa saja yang kiranya dapat menjadi masukan bagi peningkatan kualitas manajemen media komunitas tersebut.
Kelemahan dan keterbatasan penelitian ini adalah bahwa penelitian mengacu pada proses manajemen media secara internal, tidak mengamati faktor eksternal atau lingkungan, misalnya : kondisi komunitas dan kondisi pasar yang ada. Juga, penerapan comparative analysis untuk membuat eksplanasi mengenai hubungan sebab akibat perbedaan performa, dimana penyimpulan yang dilakukan berdasarkan pada interpretasi data, dan bukan pada data itu sendiri.

The strategy used by print media investors to survive is to play on the narrower, segmentative, and focused ground. It stimulates the coming into existence of print media with more specific scope and limited area, i.e. the community papers. Info Kelapa Gading and Sunter magazines are two community papers which survive.
The research aims to know the management policy of info Kelapa Gading and Sunter magazines which are still present today, and also to view the factors which influence the community papers coming into existence.
The researcher uses case study research method, and the research is done through qualitative approach. The objects of the research are the Info Kelapa Gading and Sunter magazines. The observation units are individuals who manage both the magazines. The data analysis uses comparative analysis. The research instrument is the researcher himself.
In the Analysis part, the researcher among other things finds out that the editorial management application and the effort of those two magazines are indicated by the activities of planning, organizing, actuating, and controlling.
One of the conclusions of the research is that the success of the magazines cannot be separated from the application of management function. In this case, the dominant role played by the magazines chairmen is very important in determining and deciding policies.
The magazines present as community information media as well as advertising media for community members they serve. They are mainly supported by the performance to manage editorial appropriate to community members' need and the distribution to reach the distinctive target readers.
One of the academic implications of the research shows that, differ from the community media character according to Jankowski (2002)-that is of non-commercial nature and clone by non-professional workers and volunteers-from the very beginning the magazines have been published with an orientation of gaining profits. The publishing institution selected is the limited company (PT). As for the management, the management function is applied and it involves some professionals.
The researcher recommends that further study and research need to be done on the magazines external aspects, i.e. research on the magazines consumers' perception. By doing so, we can ascertain what factors can become inputs for increasing the community media management quality.
The weaknesses and limitations of the research lies on the fact that research is internally referring to the media management process, without observing the external or environmental factors, e.g. the existing community and market conditions. Furthermore, it is the comparative analysis applied to make explanation about the cause and effect relationship caused by the difference in performance, where the conclusion is based on data interpretation rather than the data themselves.

 File Digital: 1

Shelf
 T 14313a.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T14313
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14313 15-19-381227448 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82088
Cover