UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisa biaya rumah sakit di Rumah Sakit Umum Bungsu

Charley Kristianto; Ascobat Gani, supervisor (Universitas Indonesia, 1992)

 Abstrak

Kebijaksanaan penetapan tarif tanpa memperhitungkan besarnya biaya satuan setiap pusat pendapatan akan mengakibatkan kerugian yang tidak kecil bagi Rumah Sakit. Dengan melakukan perhitungan Analisa Biaya, maka dapatlah ditentukan perencanaan maupun penentuan tarif yang tepat sehingga tidak merugikan rumah sakit itu sendiri.
Hasil dari Analisa Biaya ini juga dapat memberikan gambaran mengenai intervensi-intervensi yang harus dilakukan oleh pimpinan rumah sakit dalam rangka pengendalian keuangan di rumah sakit. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui informasi biaya satuan dan hubungannya dengan kebijaksanaan tarif di RSU Bungsu. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian deskriptif dengan cara mengumpulkan data yang telah ada ditiap unit rumah sakit.
Hasil penelitian Analisa Biaya di RSU Bungsu ternyata menunjukan bahwa dibeberapa unit produktif mengalami profit, akan tetapi profit yang terjadi di beberapa unit tidak bisa mensubsidi unit lain yang mengalami deficit. Hal tersebut menunjukan bahwa cross subsidi belum berjalan dengan baik. Untuk variasi biaya satuan yang terjadi ditiap unit produktif ternyata diakibatkan oleh biaya investasi. Penggunaan biaya investasi ini ternyata pada unit-unit tertentu belum efisien, adapun hal tersebut disebabkan oleh faktor utilisasi dan bukan oleh faktor pemborosan. Untuk masa yang akan datang disarankan agar rumah sakit dapat mengendalikan penggunaan dana yang ada dengan seefektif mungkin dan meningkatkan mutu pelayanan serta melakukan pemasaran untuk meningkatkan output.

 File Digital: 1

Shelf
 T3626-Charley Kristianto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 97 pages ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-678665396 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82154
Cover