UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Studi perubahan sifat molekular sieve terhadap ratio (perbandingan) Si/Al pada zeolit bayah

Riswijanto; Rikiyanto Tanamas, supervisor; Asmuwahyu Saptorahardjo, examiner; Darmadi Kusno, examiner; Rony F. Rusli, examiner; Suhardjo, examiner; Na, Peng Bo, examiner (Universitas Indonesia, 1998)

 Abstrak

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil dan pengekspor gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) terbesar di dunia. Dalam penggunaannya gas alam dipisahkan menjadi dua macam yaitu Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Petroleum Gas {LPG), dengan komponen utama masing-masing adalah Metana, Etana dan Propana, Butana. Salah satu cara pemisahan gas alam ialah dengan menggunaken molekular Sieve (penapis molekul).
Mineral zeolit adalah merupakan rangkaian yang dibentuk olah tetrahedra SiO4 dan ALO4 dan mempunyai rongga-rongga pada struktur kristalnya. Zeolit Bayah merupakan zeolit alam yang dapat dipergunakan sebagai molekular sieve. Untuk dapat dipakai sebagai molekular sieve, maka zeolit Bayah harus dimurnikan terlebih dahulu dengan melakukan pencucian memakai aquades, kemudian dicuci dengan asam pada pH 3-4 dan dikeringkan sampai 110°C. Untuk meningkatkan daya molekular sieve, make zeolit Bayah harus diubah ratio Si/Al nya dengan jalan mengalirkan uap HF pada temperatur 375°C ke dalam zeolit Bayah.

 File Digital: 1

Shelf
 T6030-Riswiyanto.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1998
Physicsviii, 67 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Typetext
Formatonline resources
Languageind
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-374969986 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82462
Cover