UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perubahan waktu reaksi pada pengemudi bis mikro pada beban kerja sehari-hari = Alteration of reaction time on bus drivers on day-by-day driving burden

Prawira Kusumah; Tomi Hardjatno, supervisor (Universitas Indonesia, 1992)

 Abstrak

ABSTRAK
Ruang lingkup dan Cara penelitian : Perubahan waktu reaksi sebagai manifestasi kecepatan reaksi pengemudi didasarkan pada semakin meningkatnya peranan bis mikro sebagai salah satu sarana pengangkutan umum di DKI, juga karena angka kecelakaan lalu-lintas bis mikro yang cukup tinggi yang diperkirakan akibat cepat lelahnya pengemudi karena keadaan ruang kemudi. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik diagnostik lengkap, pengukuran waktu reaksi, pengukuran antropometri pengemudi, pengukuran rancang bangun ruang kemudi, dan juga diukur kebisingan, vibrasi, kelembaban dan temperatur ruang kemudi.
Hasil dan kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang kemudi tidak ergonomis, ruang kemudi tidak memenuhi syarat untuk kenyamanan kerja, dan perubahan waktu reaksi sampai dengan jam 13.00 secara statistik tidak bermakna menunjukkan bahwa segala aspek ruang kemudi, termasuk rancang bangun, kebisingan, vibrasi, kelembaban dan temperatur dalam batas yang dapat diterima oleh pengemudi.

ABSTRACT
Scope and methods of research : Evaluation of reaction time as manifestation of neurological response of drivers is based on the increasing small buses" role as a means of public transportation vehicle in Jakarta, as well as due to small buses" relatively high traffic accident rate which has been predicted as the result of the quick fatigue onset in drivers due to driver cabin condition. Research was brought about by interview, complete physical examinations, reaction time measurements, drivers" antropometry measurements, driver cabin design measurements, also measurements of noise, vibration, humidity and temperature of driver cabin.
Result and conclusion : Research result shows that driver cabin design not ergonomic, lack of work comfort condition in driver cabin environment, and reaction time values alterations until 13.00 hours statistically not significant shows that until 13.00 hours all aspects of driver cabin Including design, noise, vibration, humidity and temperature within tolerable limit.

 File Digital: 1

Shelf
 T3474-Prawira Kusumah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1992
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : viii, 79 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-480114705 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82501
Cover