UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Optimalisasi persediaan bahan/obat-obatan kebutuhan ruangan di RS Muhammadiyah Bandung

Dadang Sukandar; Purnawan Junadi, supervisor; Amal Chalik Sjaaf, examiner; Mardiati Nadjib, examiner; Dolih Gozali, examiner; Dolih Gozali, examiner (Universitas Indonesia, 1991)

 Abstrak

Pengelolaan persediaan barang yang tidak tepat di rumah sakit dapat menyebabkan pemborosan pada biaya persediaan dan tidak efisiennya investasi dalam persediaan barang tersebut. Persediaan barang yang terlalu sedikit dapat menyebabkan rumah sakit mengalami kehabisan persediaan dan berakibat terganggunya kelancaran pelayanan di Rumah sakit. Sebaliknya apabila persediaan barang yang terlalu berlebihan biaya investasi akan menjadi lebih besar sehingga modal kerja akan menjadi tidak efisien. Kebutuhan bahan/obat-obatan ruangan di RS Muhammadiyah mempunyai nilai investasi cukup besar. Data pemakaian barang di ruangan diambil dari Instalasi Farmasi RS Muhammadiyah Bandung. Dengan mengadakan pengelompokkan barang dapat diketahui jenis-jenis barang yang mempunyai nilai investasi tinggi. Analisa biaya persediaan dilakukan terhadap jenis barang yang mempunyai nilai investasi tinggi tadi.
Penelitian ini merupakan penelitian operasional (Operational Research) dengan mengumpulkan data pemakaian barang selama tahun 1990 dan 1991 (s/d bulan Mei 1991). Kemudian membuat prakiraan kebutuhan barang dari bulan Juni s/d Desember 1991 dengan menggunakan metode Moving Average. Analisa persediaan barang dilakukan terhadap kebutuhan barang th. 1991 tersebut. Dalam penelitian ini digunakan model Economic Order Quantity yang Probabilistik dimana karakteristik ditribusinya berupa distribusi-Normal dan Poisson.
Dari hasil penelitian terbukti bahwa hasil analisa biaya persediaan th.1991 lebih rendah dari kenyataan biaya persediaan th. 1990 yang tidak diterapkannya model persediaan. Disarankan untuk mengadakan peningkatan pengelolaan kebutuhan barang di ruangan agar Rumah Sakit dapat selalu mengadakan pemantauan stok barang setiap saat. Untuk jenis barang lainnya dapat dilakukan analisa persediaan sehingga dapat diketahui kebutuhan minimal dan maksimal barang.

 File Digital: 1

Shelf
 T7797-Dadang Sukandar.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 1991
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : v, 137 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-176699603 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 82728
Cover