UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bisnis global international roaming dan simplipikasi tarif inbound & outbound roamers

Chan Jayadi; Dadang Gunawan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Perluasan coverage atau jangkauan dari suatu operator seluler dapat dilakukan tidak hanya pada cakupan nasional dengan membangun BTS (Base Transmission Station) yang lebih banyak secara indoor dan outdoor, tetapi dapat juga dilakukan dengan memperluas jangkauan internasional melalui kerjasama International Roaming. Beberapa service yang terkait dengan International Roaming adalah Voice/Data Roaming, GPRS/MMS Roaming dan SMS Interworking.
International Roaming bukan sekedar layanan dasar bagi pelanggan. Pengelolaan yang baik dan optimal akan menjadikannya bisnis global yang dapat menjadi revenue center bagi suatu operator. Pelayanan ini telah lama diberikan kepada pelanggan tetapi pengelolaan untuk mewujudkan bisnis global yang bisa menjadi revenue center bagi operator belum dilakukan dengan optimal. Hal ini dapat dilihat dari belum dilakukannya terobosan-terobosan pengembangan untuk meningkatkan pelayanan. Bisnis ini akan selalu berkembang sebagai bisnis global tidak hanya pada service voice dan SMS saja, tetapi akan terus mengikuti perkembangan teknologi komunikasi seluler seperti GPRS/MMS, CAMEL, EDGE dan UMTS. Kondisi ini menuntut operator untuk dapat menerapkan kerjasama International Roaming sesuai dengan level service yang ada dan harus dapat bekerjasama dengan operator yang memiliki frekuensi dan teknologi yang berbeda.
Perlu adanya perencanaan strategi dan kebijakan manajemen pada suatu unit operator seluler untuk menangani, mengelola dan mengembangkan bisnis global International Roaming. Pembuatan strategi manajemen ini bertujuan supaya operator tetap dan semakin bertahan (survive) dalam menghadapi tantangan, ancaman dan sekaligus dapat mengambil peluang yang ada saat pertumbuhan jumlah pelanggan seluler di Indonesia menurun.
Penanganan bisnis ini melibatkan hampir dari semua unit, mulai dari frontliner hingga teknisi atau operator dan juga melibatkan level management setingkat direksi hingga dengan customer service. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ini adalah suatu bisnis besar yang melibatkan banyak pihak. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi dan kebijakan yang tepat untuk menangani bisnis International Roaming ini.

Coverage extension of a cellular operator can be done not only in national scope by developing more indoor and outdoor BTS (Base Transmission Station) but also in international scope by extending it through International Roaming cooperation. Some services connected to the International Roaming are Voice/Data Roaming, GPRS/MMS Roaming and SMS Interworking.
International Roaming is not only work as a basic service for the customer. Good and optimum management will turn it into a global business so that it can become a revenue center for an operator. This service has given to the customer for several time before but the optimum management which can make it a global business that can become a revenue center for the operator is not done yet. This can be seen from the un-existing development breakthrough for service increment. This business not only will always develop as a global business in service voice and SMS but also will always follow the cellular technology development such as GPRS/MMS, CAMEL, EDGE and UMTS. This condition pushed the operator for applying International Roaming cooperation that appropriate to the existing service level. They also must able to cooperate with operators which have different frequency and technology.
Strategic planning and management policy in a cellular operator unit are needed for handling, managing and developing the International Roaming global business. The purpose of this strategic management is to make the operator exist and survive in facing some challenges and threats. It is also hoped that the operator can take the market opportunity when someday the cellular costumer number in Indonesia decrease.
Almost every unit in the organization is involved in handling this business, started from frontlines up to technicians or operators. This also involved the operator management from the board of directors level down to the customer service. It is showed that this business resembles as a big business that will involved many components. In consequence, appropriate strategy and policy are needed for handling this International Roaming business.

 File Digital: 1

Shelf
 Strategi bisnis-TOC (T15414).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T15414
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvii, 92 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T15414 15-19-339692287 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83428
Cover