UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Identifikasi kesiapan kontraktor Indonesia dalam menghadapi era globalisasi untuk meningkatkan persaingan

Simanihuruk, Bertinus; Krishna Mochtar, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Era globalisasi di Indonesia di mulai pada tahun 2003. Era globalisasi terjadi pada semua industri termasuk industri konstruksi. Perusahaan kontraktor sebagai salah satu pelaku dalam industri konstruksi harus segera mempersiapkan diri dan harus mengidentifikasi kesiapannya dengan mengetahui faktor-faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) agar dapat bersaing dalam era globalisasi. Perusahaan kontraktor Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi era globalisasi. Dengan menentukan parameter dari faktor-faktor internal dan eksternal dari kajian literatur, yang selanjutnya dengan metoda statistik, analisa faktor-faktor internal dan eksternal serta Analytical Hierarchy Process (AHP) maka akan dapat diketahui kondisi kesiapan perusahaan kontraktor Indonesia dan faktor-faktor internal dan eksternal yang dominan yang mempengaruhi kesiapan kontraktor Indonesia dalam era globalisasi.
Dari hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa perusahaan kontraktor Indonesia tidak siap menghadapi persaingan pada era globalisasi dan ketidaksiapan terbesar terjadi dari sisi faktor internal kontraktor Indonesia. Untuk secara keseluruhan, faktor-faktor internal dan 'eksternal dominan yang menyebabkan ketidaksiapan adalah perencanaan visi dan misi perusahaan dalam jangka pendek, menengah dan panjang, kurangnya kepemilikan sertifikat ISO-9000, kurangnya pengalaman perusahaan dalam proyek internasional, terbatasnya jumlah sumber daya manusia perusahaan yang terampil, professional, dan tersertifikasi, kondisi ekonomi nasional Indonesia, lokasi pasar (proyek) di dalam negeri, kondisi stabilitas politik di Indonesia, lemahnya pelaksanaan aturan dan peraturan yang berubah-ubah, budaya KKN dalam tender di Indonesia, besarnya kredit bunga bank yang berlaku di Indonesia, dan kurangnya kebijakan kredit dan dukungan Pemerintah dengan pemberian kemudahan fasilitas kredit, asuransi dan lain-lain. Semua faktor ini harus diperbaiki untuk dapat meningkat persaingan pada era globalisasi.

Era globalization in Indonesia started in 2003. Era globalization occurred to all industries included construction industry. Contractor company as one as doer in construction industry that must preparing itself as soon as possible and must identify preparing itself with to know internal (strengths and weakness) and external (opportunities and threats) factors in order to can competitive in era globalization. Indonesia contractor companies must prepare themselves to fight in era globalization. With determine parameters of internal and external factors from literature study, then with statistic, analysis internal and external factors and Analytical Hierarchy Process (AHP) so the factors are able to will knew the condition of Indonesia contractor companies preparing and dominant internal and external factors that impact to Indonesia contractor companies in era globalization.
From research result can concluded that Indonesia contractor companies do not prepare in competition in era globalization and the biggest prepare less occurred from internal factors of Indonesia contractor companies section. For all of dominant internal and external factors that cause prepare less are planning of companies vision and mission in short, middle, and long time, ownership less of ISO 9000 certificate, experience less of companies in international project, limited sum human resources of companies that have experiences, professional and have certificate, condition of Indonesian economic, market (project) location in Indonesia. condition of Indonesian politic not stable, the weakness of implementation of regulation and regulation that changed, culture of corruption, collusion, and nepotism in Indonesian tender, high interest credit bank in Indonesia, and less of credit policy and government support in make facilities credit easier. insurance. etc. All of these factors must be improve to increase competition in era globalization.

 File Digital: 1

Shelf
 Identifikasi kesiapan-TOC (T14688).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T14688
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 131 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T14688 15-19-415742507 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 83444
Cover