Penulisan ini dilakukan untuk memperkenalkan produk flexi yang ditawarkan oleh PT Telkom dan untuk mengetahui sejauh mana implementasi layanan telepon fixed mobile berbasis CDMA ini layak untuk di kembangkan. Pembahasan awal tulisan ini juga memberikan gambaran secara singkat mengenai potensi pasar yang ada dilihat dari sisi pemasaran, pelanggan dan pesaing yang turut berkompetisi. Dilanjutkan dengan pembahasan secara singkat untuk mengevaluasi strategi apa yang harus dilakukan PT Telkom dalam menghadapi lingkungan pasar yang semakin terbuka dan kompetitif sehingga dapat dikatakan bahwa bisnis Flexi ini layak untuk terus dikembangkan. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh langsung dari interview dan observasi lapangan serta data sekunder yang diperoleh dari study perpustakaan, data internet, majalah bulanan TELKOM, serta publikasi lainnya yang relevan dengan penelitian.
Dengan pertimbangan sisi marketing dan teknis penulis mengusulkan agar produk flexi ini dapat dikembangkan. Berdasarkan kajian binis dan keuangan maka didapat hasil kesimpulan sebagai berikut : Umur teknis perangkat sampai tahun 2010 dengan WACC sebesar 22 % didapat nilai NPV : 6,402 T,IRR : 34 %, PI : 2,93 Thn; Umur teknis perangkat sampai tahun 2010 dengan WACC sebesar 13 % didapat nilai NPV : 6,402 T,IRR : 13,16 %, PI : 3,79 Thn; Umur teknis perangkat sampai tahun 2010 dengan WACC sebesar 13 °/o didapat nilai NPV : 6,402 T,IRR : 24,38 %, PI : 3,47 Thn. Dengan nilai Initial Outlay sebesar Rp: 5,170 T maka proyek diatas dapat dikatakan layak untuk dikembangkan.
This thesis was purposed to introduce flexsiphone product that offering by PT. Telkom. And known more deeply the implementation of developing this commercial CDMA mobile phone services. First of all, I will represent segmentation of the potential market from marketing, customers, and competitor side. Then evaluation of PT. Telkom strategy should take to face the competitive and liberal of market environment, so this flexyphone business can be develop and growth for the future. In this thesis I used several data such as primary and secondary data. The primary data obtained from interview and observation in the research environment. The secondary data obtained from library research, papers, journal, Internet, monthly magazine of TELKOM, and other publisher that linked with the object research.Form the marketing and technical side, I suggested to develop the flexy product that considered with the business and finance. The conclusion of the research is: Duration of the technical devices until 2002 to 2010 with 22% of WACC will get NPV: 6,402 T, IRR: 34%, Pi: 2,93 years; Duration of the technical devices until 2002 to 2010 with 13% of WACC will get NPV: 6,402 T, IRR: 13,16%, Pi: 3,79 years; Duration of the technical devices until 2002 to 2010 with 13% of WACC will get NPV: 6,402 T, IRR: 24,38%, Pi: 3,47 years. With value received of the Initial Outlay Rp. 5,170 T, the project research had successful and proper for continue development.