UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Rancangan bangun model geografis 3D di map server dengan standar open GIS consortium (OGC) : studi kasus sistem peringatan dini bencana alam banjir untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya

Suaidi Ahadi; Riri Fitri Sari, supervisor; Kalamullah Ramli, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Open GIS Consortium (OGC) adalah perkumpulan para ahli dan pemerhati Geography Information System (GIS) dari seluruh dunia yang bertujuan untuk mengembangkan informasi geografi di lingkungan berbasis Web yang bersifat open source. Pada perkembangannya OGC mengeluarkan berbagai standar dari sisi server dan bahasa yang dikembangkan salah satunya ialah Geografi Markup Language (GML) dan Map server yang merupakan aplikasi freeware dan open source yang memungkinkan kita menampilkan data spasial (peta) di web. Dan Web 3D adalah animasi 3D yang dapat berjalan di Internet dan mengeluarkan bahasa standar Virtual Reality Modelling Languange (VRML) dan untuk geografisnya dikenal dengan GeoVRML. Dengan demikian informasi tersebut dapat disebut dengan Internet GIS.
Model Geografis 3-D dengan standar Open GIS Consortium (OGC) dapat memungkinkan berjalan di Internet, dengan demikian informasi geografis 3D dapat dilakukan pada lingkungan berbasis Web yang memberikan informasi yang lebih atraktif dan dinamis dengan visualisasi animasi 3D dengan data spatial yang diambil secara Near-Realtime sampai Realtime pada geometadata dalam database. Dari model 3-D geograis tersebut kita dapat membangun System Peringatan Dini bencana alam yang berjalan di Web dengan visualisasi 3D dengan data yang Realtime sehingga informasi dapat di akses oleh siapa,kapan dan dimana saja, dengan demikian Sistem tanggap darurat dan zonasi daerah bencana dapat dilakukan dengan Cepat oleh pihak terkait.
Penelitian ini membangun 3-D geograiis dan animasinya yang berisi geometadata dari Badan Meteorologi dan Geotisika (BMG) di dalam Map Server yang hasilnya adalah Sistem Peringatan Dini Bencana Alam Banjir untuk daerah Manggarai dan sekitarnya.

 File Digital: 1

Shelf
 T17012-Suaidi Ahadi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17012
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 54 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17012 15-20-848361836 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 88047
Cover