UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pertarungan konstruksi seksualitas dalam film Tentang Dia = The conflict of sexual constructions in Tentang Dia

Irsyad Ridho; Lilawati Kurnia, supervisor; Seno Gumira Ajidarma, 1958-, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Dalam penelitian ini seksualitas dipandang sebagai hasil dari konstruksi sosial. Dalam pandangan tcrsebut status kealamiahan seksualitas dipertanyakan sehingga heteroseksualitas, yang selama ini dipandang sebagai orientasi seksual yang normal dan alamiah, sebenarnya hanyalah hasil pertarungan berbagai wacana tentang seksualitas yang pada akhimya memenangkan heteroseksualitas. Dengan demikian, heteroseksualitas menjadi wacana dominan dalam masyarakat sehingga status konstruksi sosialnya dilupakan dan yang diterima adalah status kealamiahan dan kenormalannya. Padahal, dominasi wacana heteroseksualitas sebenarnya terjadi dengan cara menyingkirkan wacana lain yang subdominan, misalnya wacana homoseksualitas.
Proses penyingkiran itu dapat berlangsung dalam praktik tesktual. Salah satu praktik tekstual yang penting di era visual sekarang ini adalah film. Dengan memilih film Tentang Dia dan dengan memanfaatkan teori-teori yang relevan, penelitian ini berusaha menjawab masalah bagaimana pertarungan konstruksi seksualitas berlangsung dalam film ini. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pertarungan konstruksi seksualitas yang berlangsung di film ini. Tujuan ini dicapai dengan memanfaatkan metode analisis wacana terhadap beberapa level representasi, yaitu relasi waktu tokoh, struktur cerita, dan organisasi spasial film (terutama shot dan angle).
Hasil penelitian ini memperljhatkan bahwa film Tentang Dia mengunggulkan wacana dominan heteroseksualitas atas wacana subdominan homoseksualitas pada level relasi waktu tokoh dan struktur cerita, namun pada level gaze, film ini memperlihatkan perlawanan wacana subdominan homoseksualitas terhadap wacana dominan heteroseksualitas.

This research shows sexuality as a form of social constructions. In that view the nature of sexuality is put in to question so that heterosexual which is assumed as normal and natural is actually no more than a result of contestation from various discourse in sexuality which than win the heterosexual orientation. With that result heterosexuality becomes dominant discourse in society, the status of its social construction is forgotten and its natural and normal status is accepted. Even though factually the domination of heterosexuality discourse is formed by marginalizing other subdominant discourse which in this case, homosexuality.
The process of marginalization conducts in textual practice. One of important textual practice in this visual era is film. by using relevant theories this research tries to find how sexual construction conflicts in this film, Tentang Dia. The aim of this research is to describe the conflicts of heterosexuality in this film which is done by using discourse analysis rnethode to several level of representation those are character time relation, structure of story and film spatial organization, especially shot and angle.
The findings of this research shows that film Tentang Dia triumphs the dominance of heterosexuality over homosexuality in the level of character time relation and structure of story but in gaze level this tilm shows the resistance of subdominant homosexuality over heterosexuality domination.

 File Digital: 1

Shelf
 T17213-Irsyad Ridho.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17213
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : viii, 71 hlm. : 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17213 15-19-380097435 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 88733
Cover