UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi bersaing perusahaan pelayaran lepas pantai : telaah kasus pada PT Cumawis

Siswandi Kulipah; Martani Huseini, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993)

 Abstrak

Dalam dunia usaha, persaingan antar perusahaan memperebutkan pangsa pasar dan posisi yang kuat merupakan hal yang lumrah. Untuk dapat merebut pangsa pasar yang cukup besar dan posisi yang kuat dalam industri, perusahaan harus menjalankan berbagai strategi bersaing.
Strategi, merupakan suatu rencana yang sistematis untuk mengarahkan perusahaan memenuhi sasaran yang telah ditetapkan. Perusahaan menentukan strategi bersaing setelah melakukan analisis kekuatan dan kelemahan lingkungan internal dalam menghadapi peluang dan ancaman lingkungan eksternal. Jadi, perusahaan yang dapat bertahan dalam persaingan industri adalah perusahaan mampu memilih dan menjalankan strategi yang tepat.
Sebagai bahan studi, penulis menganalisis strategi bersaing PT. Cumawis dalam industri jasa pelayaran lepas pantai. Hal ini diteliti seiring dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang didukung oleh transportasi laut yang tangguh sehingga peranannya sangat penting. Berbagai jenis perusahaan pelayaran ikut mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti pelayaran samudera, nusantara, lokal, rakyat, perintis, dan lepas pantai/khusus.
Analisis dan pembahasan meliputi misi perusahaan, keadaan lingkungan eksternal, profit perusahaan, sasaran jangka panjang, strategi dasar, dan strategi generik, strategi pemasaran. Pembahasan misi perusahaan dilakukan untuk melihat kemantapan arah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Dengan misi yang baik, faktor internal perusahaan dapat berjalan secara terintegrasi.
Lingkungan eksternal merupakan sumber peluang dan ancaman bagi industri. Analisis lingkungan ekstemal mencakup lingkungan "remote" dan lingkungan industri. Faktor ekonomi, sosial, politik, teknologi, dan ekologi merupakan unsur dari lingkungan "remote". Analisis lingkungan industri meliputi pemasok, pembeli, kekuatan tawar-menawar pembeli, tingkat persaingan industri jasa pelayaran lepas pantai, ancaman produk substitusi, dan ancaman pendatang baru. Sedangkan lingkungan internal meliputi fungsi pemasaran organisasi dan manajemen umum, fungsi produksi, fungsi keuangan, dan fungsi sumber daya manusia, fungsi organisasi manajemen umum.
Hasil analisis SWOT dikuantifisir dengan menggunakan metode "Analitical Hirarchy Process (ADP)", dan hasilnya digambarkan dengan menggunakan "Analisis Diagram SWOT" yang menunjukkan posisi perusahaan dalam industri. Dari kuantifikasi yang sudah dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa kondisi internal perusahaan lemah, dan menghadapi ancaman yang lebih kompleks dari pada peluang yang ada.
Pembahasan mencakup sasaran jangka panjang, strategi utarna, dan strategi generik yang dikaitkan dengan hasil kuantifikasi analisis SWOT. Selanjutnya, penulis merekomendasikan strategi utama dan strategi generik yang sesuai dengan karakteristikperusahaan dan industri.
Beberapa saran tentang strategi bersaing yang hams dipilih oleh PT. Cumawis yang perlu dilakukan guna meningkatkan keunggulan bersaingnya merupalcan penutup dari tugas akhir ini. Saran fungsional dititikberatkan pada manajemen pemasaran seperti strategi segmentasi, perbaikan jalur distribusi, dan personal selling. Saran lain diberikan untuk peningkatan kualitas manajemen produksi, manajemen umum, dan manajemen sumber daya manusia.

 File Digital: 1

Shelf
 T17271-Siswandi Kulipah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 197 pages: illustration; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-605395128 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 88879
Cover