UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pembuatan model akumulasi laba perusahaan jasa kiriman ekspress

Muchamad Fajar Firdausi; Alberto Daniel Hanani, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perusahaan Jasa Kiriman Ekspress pada dasarnya diadakan untuk menghasilkan laba bagi pemilik perusahaan. Dalam rangka meraih laba tersebut, perusahaan akan membuat sistem untuk melayani pelanggan. Pembuatan sistem tersebut, dilakukan melalui serangkaian keputusan-keputusan manajerial perusahaan yang diambil terlebih dahulu, kemudian dilaksanakan dan hasilnya diterima di kemudian hari. Keputusan tersebut dapat menjadi tidak tepat dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.
Keputusan mengenai target permintaan ritel dan korporat merupakan beberapa keputusan yang dilematis karena penentuan target permintaan ritel dan korporat menentukan fasilitas pelayanan yang akan dipersiapkan oleh perusahaan. Pengambilan keputusan mengenai target permintaan ritel dan korporat yang akan diambil oleh perusahaan untuk mengoptimalkan laba seharusnya dapal didukung oleh model yang mcnunjukkan akibat dari pengambilan keputusan tersebut. Sehingga dengan adanya model tersebut maka perusahaan akan dapat mengambil keputusan yang lebih baik, berdasarkan kondisi-kondisi yang dihadapi oleh perusahaan.
Penulisan karya akhir ini berusaha untuk mcmperlihatkan bagaimana suatu model komputer berbasis Microsoft Excel dapat dipakai untuk memperlihatkan konsekuensi dari keputusan penentuan pemilihan target permintaan ritel dan korporat pada perubahan akumulasi laba perusahaan berdasarkan permintaan retail dan korporat yang dihadapi oleh perusahaan, serta modal yang dimiliki oleh perusahaan.
Pembuatan Model dibagi dalam dua tahap, yaitu : pembuatan model konseptual dan pembuatan model dan pembuatan model optimasi laba perusahaan jasa kiriman ekspress yang berbasis Microsoft Excel. Pembuatan model konseptual dilakukan berdasarkan informasi yang diperoleh dari pelaku usaha jasa kiriman ekspress dan bertujuan agar seluruh komponen model terdaftar dengen jelas dan hubungan-hubungan antar variabel dalam model juga terlihat dengan jelas melalui suatu diagram pengaruh. Adanya diagram pengaruh tersebut mempermudah penjelasan hubungan matematis dari variabel-variabel dalam model sehingga pengembangan model pada Microsoft Excel menjadi mudah. Contoh eksekusi model juga ditampilkan dalam karya akhir untuk menggambarkan penggunaan model pada perusahaan jasa kiriman ekspress.
Model yang dihasilkan telah dapat memperlihatkan pergerakan Laba/Rugi, Posisi Modal dan Akumulasi Laba/Rugi dari perusahaan jasa kiriman ekspress. Model juga dapat dipakai untuk menemukan Target Pemintaan Ritel & Korporat yang menghasilkan Akumulasi Laba/Rugi dengan tidak melanggar kendala-kendala model. Model memang belum dapat digunakan untuk menghasilkan laba optimal, tetapi model tetap dapat memberikan banyak informasi yang menunjang pengambilan keputusan dalam perusahaan jasa kiriman ekspress.

 File Digital: 1

Shelf
 T17352-Muchamad Fajar Firdausi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17352
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 125 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17352 15-20-298539895 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89073
Cover