UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi efektifitas iklan televisi tabungan bank "X"

Sri Mulyandari; Sofjan Assauri, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Bank X adalah Salah salu dari 10 bank tcrbesar di Indonesia dari sisi aset yang saat ini sedang berfokus pada peningkatan bisnis consumer banking. Bank X tengah gencar berupaya untuk meningkatkan penghimpunan dana murah, Salah satunya melalui tabungan. Seperti yang juga dilakukan oleh para pesaingnya, Bank X berupaya untuk melakukan strategi komunikasi pemasaran yang efektif yang diwujudkan dengan serangkaian kegiatan-kegiatan komunikasi pemasaran, termasuk periklanan di berbagai media, termasuk media televisi.
Mengingat biaya yang telah dikeluarkan Bank X unluk pemasangan iklan di televisi relatif besar, maka sangat perlu dilakukan evaluasi terhadap efektifitas iklan Tabungan X di televisi. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektifitas iklan Tabungan X dari Bank X di televisi. Di samping itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai image terhadap Bank X sebagai Bank pengelola tabungan dan untuk memperoleh gambaran mengenai atribut-atribut apa saja yang dianggap penting oleh target pasar Bank X dalam menentukan pilihan produk tabungan bank, yang penting diketahui karena dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan iklan selanjutnya agar dapat lebih efektif.
Iklan Tabungan X di televisi yang diukur efektifitasnya dalam pencelitian ini adalah iklan versi Program Hadiah. Pengukuran efektifitas iklan ini dilakukan menggunakan posttesting (evaluasi pasca iklan) untuk mengukur tahapan yang mengarah pada penjualan, yaitu meliputi komunikasi, perubahan sikap dan perubahan perilaku pembelian, dengan pengukuran communication effectiveness yang mengukur sejauh mana iklan dapat diingat oleh audience, attitudinal effectiveness yang mengukur perubahan sikap dan intensi membeli konsumen dan behavioral qeffectiveness yang mengukur perubahan perilaku pembelian konsumen dengan kerangka model Heirarchy of Effect.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan melakukan survey terhadap 100 orang responden dengan wilayah pengambilan sampel di Jakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan prosedur pengambilan sampel judgemental sampling. Kriteria responden dalam survey ini adalah disesuaikan dengan kriteria populasi, yaitu target pasar Tabungan X yakni pria wanita dengan SES A dan B (pengeluaran keluaga rata-rata per bulan di atas Rp 1.250.000,- ) yang berusia 18 tahun hingga 55 tahun.

 File Digital: 1

Shelf
 T17355-Sri Mulyandari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17355
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 85 hlm. : ill. ; 30 cm. + Lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17355 15-20-643849395 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89079
Cover