UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Adaptasi tes Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC) skala prestatif pada subyek usia kanak madya : 8 s.d. 9-11 tahun

Sylvia Damayanti Amril; Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Kaufman Assessment Battery for Children (K-ABC) merupakan alat tes psikologi yang mengukur inteligensi dan prestasi pada anak usia 2-6 hingga 12-5 tahun. Tes ini diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1983, dan teruji secara validitas, reliabilitas, dengan susunan butir soal yang baik. Alat ini mengukur konstruk inteligensi berdasarkan teori yang berorientasi proses dan mengukur prestatif berdasarkan pertimbangan logis bahwa prestasi dan inteligensi bersama-sama mempengaruhi fungsi intelektual anak saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah melakukan adaptasi terhadap tes K-ABC skala Prestatif agar dapat digunakan di Indonesia terutama bagi usia kanak madya (8 s.d. 9-11 tahun). Pendekatan IRT sebagai suatu revisi terhadap metode klasik dilakukan pada analisis butir soal. Juga dilakukan uji validitas untuk mengetahui kualitas tes K-ABC skala Prestatif.
Penelitian payung ini melibatkan 122 subyek (usia 4 hingga 12-5 tahun), dengan 31 subyek usia kanak madya yang berdomisili di daerah Jakarta dan Depok. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes secara individual. Pengolahan data secara kuantitatif menggunakan metode IRT terhadap 122 subyek, dan secara kualitatif terhadap 31 subyek kanak madya. Pada uji validitas digunakan validitas kriteria yang bersifat konkuren dengan perhitungan korelasi Pearson, yakni mengkorelasikan skor estimasi kemampuan pada subtes skala Prestatif tertentu dengan aspek tertentu dari penilaian guru terhadap prestasi subyek.
Hasil analisis kuantitatif secara umum menunjukkan bahwa butir-butir soal belum tersusun menurut derajat kesukaran. Pembahasan mengenai susunan butir soal tersebut dijelaskan secara kualitatif yakni dikaitkan dengan beragam teori pada kanak usia madya. Nilai validitas menunjukkan korelasi yang cukup pada tiga subtes: Ragam Kata, Wajah dan Tempat serta Berhitung. Korelasi yang rendah pada satu subtes: Membaca, Mengeja, Mengkode dan korelasi yang tidak signifikan pada dua subtes: Menebak, dan Membaca, Memahami.
Disarankan untuk melakukan revisi terhadap butir soal subtes Membaca, Mengeja, Mengkode. Menggunakan teknik sampling yang lebih memadai dengan ukuran sampel yang lebih diperbesar. Untuk uji validitas sebaiknya ditekankan pada uji validitas konstruk. Seandainya akan menggunakan uji validitas kriteria dengan kriteria penilaian guru, dipertimbangkan jumlah butir soal yang lebih banyak dengan pilihan jawaban yang lebih netral.

 File Digital: 1

Shelf
 T16821-Sylvia Damayanti Amril.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T16821
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xii, 84 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16821 15-19-005736114 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89260
Cover