UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Strategi operator GSM di Indonesia menghadapi perubahan lingkungan

Novariyadi Imam Akbari; Dadang Gunawan, supervisor; Widjanarto, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999)

 Abstrak

ABSTRAK
Sebagai sebuah komunitas, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat beradaptasi menghadapi perubahan - perubahan di lingkungannya. Tanpa kemampuan adaptasi yang baik, sebuah perusahaan tak akan dapat bertahan hidup terlebih dalam situasi kompetisi yang sangat ketat. Karena pada saat itulah proses seleksi yang bersifat alamiah terjadi, perusahaan yang memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi dan menerapkan strategi yang jitu dipastikan akan dapat bertahan bahkan memenangkan persaingan, demikian pula sebaliknya.
Oleh sebab itulah, semua perusahaan termasuk operator STBS khususnya operator GSM di Indonesia, dituntut untuk dapat menyikapi dan mengantisipasi setiap perkembangan teknologi yang berkaitan dengan bidang usahanya secara baik Karena perkembangan teknologi sangat berkaitan erat dengan perkembangan layanan yang berujung dengan kepuasan pelanggan, maka setiap langkah strategis yang diambil haruslah dengan mempertimbangkan setidaknya dua hal berikut yakni faktor layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan faktor ekonomis serta efisiensi investasi dari sisi perusahaan perusahaan.
Tulisan ini membahas kondisi obyektif dan analisis secara umum terhadap lingkungan strategis operator GSM di Indonesia, terutama dalam menghadapi dan menyikapi terjadinya perubahan lingkungan khususnya yang akan mempengaruhi peta percaturan bisnis operator STBS di Indonesia. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif dan naratif dengan melalui beberapa tahapan seperti melakukan studi lileratur dari berbagai sumber seperti text book, paper, makalah, majalah, Internet dan sebagainya, kemudian meminta pendapat dan atau berdiskusi dengan para praktisi dan pihak terkait lainnya, serta mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data-data yang berkaitan dengan permasalahan. Dengan menganalisis lingkungan strategis operator GSM yang ada di Indonesia, diharapkan tulisan ini akan dapat mengungkapkan kondisi dan posisi operator GSM yang .sebenarnya dalam percaturan bisnis layanan jasa STBS di Indonesia secara obyektif. Selain itu tulisan ini juga menawarkan alternatif kebijakan dan strategi Operator GSM di Indonesia dalam mengantisipasi dan mengambil sikap terhadap pesatnya perubahan lingkungan baik mikro seperti lingkungan regulasi, teknologi dan bisnis, maupun lingkungan makro seperti lingkungan politik, hukum, ekonomi dan sosial budaya.

As a community, a company must be able adaptation facing changes in its environment. Without good adaptation, a company will not survive, primarily in very tight competition. In that moment a natural selection process was happenned, the company which have a good adaptation ability and implementing right strategies will still exist and also win the competition.
Obtain that reason, all of company belonging to celluler operators especially GSM operators in Indonesia, pursued for find response and to anticipate every technology expanding which close relation with its business. Because technology expanding very close relation with services development and also with customer satisfied, therefore every strategic policy that taken must be with considering some matters such as service factor which needed by customer and investation efficiency factor.
This paper discuss about objective condition and general analysis to strategic environment of GSM operator in Indonesia, especially to response environment changing which influence to celluler business landscape in Indonesia. The research method which used were descriptive analysis by some steps as usual referrence study from various source like text book, paper, magazine, web and so on, also ask for something idea or opinion and discuss with expert and other party. And last but not least processing and analysing data. By analysing strategic environment of GSM operators in Indonesia, we hope will find a real GSM operators condition and position in mobile communications business landscape in Indonesia by the objective method. Besides that, also to formulate of GSM operators strategies alternatives in Indonesia to anticipate and to take a policy towards micro environment changing as usual regulation, technology and business environment. And also macro environment as usual politics, law, economy and socio - culture environment.

 File Digital: 1

Shelf
 T16762-Novariyadi Imam Akbari.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 90 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-18-617578548 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89359
Cover