UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pendirian community college di Amerika Serikat: sebuah aplikasi pragmatisme Amerika dalam pengembangan pendidikan tinggi (1920-1950)

Agus Setiawan; Muhammad Fuad, supervisor (Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam berlimpah di dunia. Namun, pengalaman bangsa ini untuk mengolah sumber daya alam tersebut memiliki sejarah yang menarik untuk disimak, khususnya bila kita berupaya menelusuri jejak sejarah pendidikan di negara tersebut. Hal ini dikarenakan adanya keterkaitan yang erat antara sumber daya alam dan sumber daya manusia yang akan rnengolahnya. Salah satu institusi pendidikan yang melahirkan sumber daya manusia di Amerika Serikat adalah Community College. Institusi ini merupakan tempat dimana mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya dalam porsi waktu belajar yang lebih banyak.
Proses berdirinya Community College dan American Association of Junior College dipengaruhi oleh banyak faktor terutama karena adanya pemikiran yang berkembang mengenai pragmatisme di bidang pendidikan. Para pemikir dan praktisi pendidikan Amerika yang muncul pada masa selanjutnya juga terus berupaya untuk mengikuti perkembangan kebutuhan masyarakat akan dunia pendidikan sehingga kurikulum dan aplikasi proses belajar mengajar di berbagai Community College mengalami pembaharuan.
Pendirian berbagai institusi Community College juga dilatarbelakangi alasan yang berbeda, tergantung dengan situasi dan kondisi yang dominan terutama bila sebuah institusi Community College didanai oleh seseorang yang memiliki kepentingan-kepentingan pribadi. Berkat didirikannya sejumlah Community College di hampir seluruh negara bagian, industri di Amerika Serikat sedikit banyak terbantu dalam pemenuhan sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan terutama pada saat negara menghadap berbagai permasalahan dalam dan luar negeri terkait dengan pengadaan barang-barang industri. Selain itu keberadaan Community College juga memberikan nuansa akademik terhadap masyarakat sekitar kampus dan memungkinkan terciptanya sinergi yang harmonis dalam pengembangan dan pengabdian komunitas akademik terhadap masyarakat sekitar kampus. Bahkan dalam perkembangannya Community College melakukan berbagai kerjasama professional dengan perusahaan-perusahaan swasta.

United States is one of developed countries which have abundance natural resource in the world. This national experience in managing its natural resources historically is very interesting to observe, especially if we try to trace the United States education history in preparing the human resources because there has been a strong relation between the natural resources and human resources. One of the United States higher education institution which generates human resources is Community College. It is a place where students could apply their knowledge during the learning process.
The process of Community College and American Association of Junior College establishments was much influenced by some factors, above all, because of the existence of thoughts related to pragmatism in education. The United States educational experts keep trying to follow communities' needs of education so the curriculum applied in Community College learning process changed frequently.
The establishments of some Community College have different backgrounds. It depends on the situation and dominant circumstances, especially if a Community College establishment was funded by someone whose individual interests. By the establishments of Community College in most of states in United States, the country's industries are supported in overcoming human resource demand. They are getting more important when the country faces domestic and foreign matters related to industrial product. The existence of Community College also gives academic atmosphere into the community located around the institution and it is possible to create a mutual cooperation in developing a scientific community. Moreover, some Community College have had many professional cooperation with local private companies.

 File Digital: 1

Shelf
 T 16852-Pendirian community.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T16852
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 127 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16852 15-19-387645255 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89451
Cover