UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Standardisasi implementasi teknologi radio frequency indentification (RFID) di Indonesia

Wahyu Adi Dana Prasodjo; Dadang Gunawan, supervisor (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Perkembangan teknologi telekomunikasi khususnya di bidang radio sangatlah cepat, tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Salah satu trend yang berkembang saat ini adalah teknologi Radio Frequency ldentification (RFID). RF1D adalah istilah umum yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah sistem yang mampu mengirimkan identitas (dalam bentuk nomor unit yang unik) sebuah objek secara nirkabel dengan menggunakan gelombang radio.
Teknologi RFID tersebut mempunyai potensi yang sangat besar untuk diimplementasikan di Indonesia terutama di bidang perindustrian dan perdagangan serta berbagai strategis lainnya, oleh sebab itu regulator harus secara bijaksana menanggapi kemunculan teknologi tersebut yang selama ini belum pernah dibahas secara khusus mengenai standarisasi persyaratan teknis dan penetapan frekuensi kerja.
Untuk itu penelitian ini akan menganalisa standardisasi implementasi perangkat Radio Frequency Identification (RF1D) di Indonesia baik mengenai persyaratan teknis dan kemungkinan pengalokasian frekuensinya dengan melakukan perbandingan antara standar teknologi tersebut dengan standar internasional dan beberapa peraturan yang telah diterapkan pada negara-negara lain dengan mempertimbangkan kondisi yang ada di Indonesia, serta jika memungkinkan perangkat teknologi tersebut dapat diproduksi oleh industri telekomunikasi dalam negeri dalam upaya meningkatkan produksi lokal.

The development of communication technology especially in radio is very fast regardless of time and space. One kind of trend in communication technology development is Radio Frequency Identification (RFID) technology. RFID is general terminology that is used to describe a kind of system which able to send identity (in form of specific number) of an object in wireless by using radio wave.
RFID technology has a potentiality to be implemented in Indonesia in many strategic areas, especially in industrial and trading area. That's why the regulatory has to be wise in dealing with this kind of technology. Since the standardization of technical requirement and working frequency never been discuss specifically.
In order of that, this examination (thesis) will be analyzing about the standardization on set of Radio Frequency Identification (RFID) implementation in Indonesia, both in technical requirement and possibility frequency allocation, by making comparison between RFID technology standard with the international standard and some regulations which has been implemented in other countries by considering Indonesia condition nowadays, also if it is possible set of RFID technology can be produced by local telecommunication industry in order to improve local production.

 File Digital: 1

Shelf
 Standardisasi implementasi-TOC (T16886).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T16886
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 59 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T16886 15-19-762729745 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 89540
Cover