UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengaruh kebijakan tarif listrik terhadap permintaan dan kekuatan pasar tenaga listrik

Poegoeh Yoedo Roesmanto; Lubis, Andi Fahmi, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006)

 Abstrak

Penggunaan tenaga listrik untuk mempermudah segala kegiatan manusia sudah merupakan hal yang biasa. Hal itu juga berlaku bagi masyarakat Indonesia. Permintaan tenaga listrik untuk masyarakat Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Perkiraan permintaan tenaga listrik yang akurat akan memberikan kemudahan dalam memperkirakan besarnya suplai tenaga listrik yang berkaitan erat dengan jumlah dan kapasitas daya mampu pembangkit. Oleh karena itu diperlukan model permintaan tenaga listrik yang dapat dipakai memperkirakan besarnya permintaan tenaga listrik. Dengan menggunakan data-data seperti tarif listrik rerata, pendapatan, dan cakupan listrik memakai analisis regresi linier diperoleh model permintaan tenaga listrik yang terbaik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tarif listrik, pendapatan dan cakupan listrik terhadap permintaan tenaga listrik. Se!ain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis tingkat kekuatan pasar dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang hilang dengan adanya penetapan Tarif Dasar Listrik (TDL) oleh pemerintah.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tarif listrik berpengaruh negatif terhadap permintaan tenaga fistrik sehingga kenaikan tarif listrik akan menurunkan permintaan tenaga listrik. Selain itu dengan berlakunya TDL menyebabkan tingkat kekuatan pasar PT PLN (Persero) dan tingkat kesejahteraan masyarakat yang hilang relatif rendah. Penerapan mekanisme diskriminasi tarif menyebabkan tingkat kekuatan pasar untuk pelanggan sektor rumah tangga, publik, bisnis, dan industri memiliki nilai yang berbeda. Secara umum, permintaan tenaga listrik bersifat inelastis yang berarti tenaga listrik telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Penelitian ini membuktikan bahwa telah terjadi defisit suplai tenaga listrik.

 File Digital: 1

Shelf
 Pengaruh kebijakan-Full Text (T 17076).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17076
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 133 lembar; il., 29 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17076 15-17-989948569 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90253
Cover