UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perilaku dan reaksi harga saham saat pengumuman pendaftaran saham di pasar modal tes efisiensi pasar modal studi empiris di BEJ periode Januari 2001-Februari 2004

Asep Sobirin Suryadimaja; Manurung, Adler Haymans, 1961-, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Marsh telah membuktikan bahwa metoda analisis residu dasar lebih tepat digunakan untuk pengujian efisiensi pasar karena metoda tersebut lebih menggambarkan returns yang diperoleh para investor di sekitar kejadian berdasar perbedaan actual returns sekuritas terhadap model indeks yang diberikan.
Dengan menggunakan metoda Marsh tersebut, penelitian ini lebih dikhususkan untuk pengujian efisiensi pasar setengah kuat (semi-strong) yang lebih dikhususkan pada pendaftaran saham, baik saham-saham tambahan maupun saham-saham baru di pasar sekunder.
Dan 341 saham yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ), 68 saham telah diuji dalam penelitian ini. Saham-saham tersebut dipilih dan termasuk dalam kategori pendaftaran tambahan (additional listing) dan IPD selama periode Januari 2001 sampai dengan Februari 2004.
Hasil studi ini menyimpulkan bahwa informasi-informasi (pengumuman pendaftaran saham) yang ada tidak terefleksikan dalam harga-harga sekuritas, akibatnya para investor tidak mendapatkan abnormal return yang cukup. Oleh karena itu, secara umum dapat disimpulkan bahwa pengumuman pendaftaran saham tidak cukup signifikan untuk mengidentifikasikan keefisienan pasar modal.

Marsh has proved that Basic Residue Analysis Method more suitable to used for efficient market test because that method more describe the returns of investor gain around the depend on the difference of actual returns securities to index mode that given.
Using that Marsh method, this research will be speciality for semi-strong efficient market test that more especially to stocks listing, even that for additional Stocks or new stocks in secondary market.
From 341 stocks that have been listed in Jakarta Stock Exchange (JSE), 68 stock have been tested in this research. The stocks have been choosen and include in additional listing category and IPO around periods of January 2001 to February 2004.
The result of this study, we can make conclusion that informations about stocks listing could not be reflected on the price of securities, and the fact to the investor could not get enough abnormal return. Because of that, We can get general conclusion that announcement of Stocks Listing is not enough significant to describe Efficient Capital Market.

 File Digital: 1

Shelf
 T 17179-Perilaku dan reaksi.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T17179
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik :
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T17179 15-19-330306037 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90316
Cover