UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Sosialisasi anak-anak yang bekerja membantu ekonomi keluarga (studi kasus di desa Ngali Kec. Belo Bima ntb)

Muhammad Jafar Anwar; Amri Marzali, supervisor; Yasmine Zaki Shahab, examiner; Semiarto Aji Purwanto, examiner (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001)

 Abstrak

ABSTRAKSI
Muhammad Jafar Anwar, 8398050241. Sosialisasi Anak-Anak Yang Bekerja Maribantu Ekononti Keluarga (Studi Kasus Di DesaNgali-Bima-Nusa Tenggara Barat), xi + halainan 126, label, foto, gambar dan peta.
Sosialisasi anak tentang kegiatan ekonomi keluarga merupakan proses untuk mentransier pengetahuan, keahlian serta ketrampilan tentang bertani. Sosialisasi ini mengacu pada konsep yang ditawarkan William Goode (1985) dan McNeil B. Elton (1969) bahwa proses peuanaman nilai, sikap, prilaku, budaya, keahlian serta pengetahuan penting agar dapat berperan dalam masyarakat. Sementara tulisan Hilir Ismail (1997, 1998, dan 1999) berkaitan dengan pengetahuan dan kebudayaan lokal. Sosialisasi anak-anak yang bekerja merupakan awal untuk memperkenal ngupa worn TO walfo (siatem mata pencaharian). Anak-anak yang bekerja pada tulisan ini adalah kegiatan anak-anak yang tidak dimaksudkan untuk memperoleh pendapatan, tetapi melakukan pekerjaaa untuk sekedar membantu ekonomi keluarga baik yang mendatangkan hasil maupun tidak mendatangkan hasil secara langsung.
Pekerjaan yang mereka lakukan terfokus pada pekerjaan domestik dan usaha tani keluarga, ini tidak semata-mata berkaitan dengan kegiatan ekonomi tetapi juga proses pendewasaan diri dan proses belajar menuju kematangan dan kemandirian anak. Sosialisasi anak tentang kegiatan ekonomi keluarga ini berhubungan dengan pembagian iugas sehari-hari, jenis pekerjaan baik pekerjaan reproduktif maupun produktif Anak-anak yang bekerja di desaNgali ini kebanyakan terfokus pada pekerjaan reproduktif berperan sebagai pelengkap.
Kegiatan anak-anak ini terfokus pada kebutuhan keluarga sendiri (subsitence) batk tanaman hortikuitura maupun palawija. Kegiatan ini tidak mengganggu perkembangan iisik, emosional dan intelektual, hanya saja yang dikhawatirkan jangan sampai pekerjaan di tempat terbuka (open air) baik pertanian dalam skala besar maupun fkala kecil masih belum mendapatkan perhatian dan perlindungan pemerintah, padahal seharusnya juga mendapatkan aturan dan undang-undangnya.
Yang lebih memprihatinkan lagi, terkadang orang lua masa bodoh terhadap kondisi yang dihadapi anak. Anak-anak yang bekerja mayoritas masih aekolah dan juga ada yang putua sekolah atau tidak sekolah. Bagi anak yang masih sekolah membantu orang tuanya sebelum atau sepulang sekolah. Sementara anak yang putua sekolah atau tidak sekolah lagi bekerja tanpa mengenal batas waktu tergantung banyak sedifcit pekerjaan mi. Pekerjaan yang dilakukan sama halnya dengan orang dewasa, tradisi ini hadir pada semua goiongan keluarga baik kaya, menengah, miskin dan tak bertanah, tetapi mode! dan intensitas pekerjaan itulah membedskan keduanya.
Pada daerah penelitian ini, pekerja anak itu ada tetapi jumlah aangat sedikit, dibandingkan anak-anak yang bekerja. Mereka itu dipengaruhi oleh kondisi keluarga, dan musim tertentu terutama musim tanam dan panen aangat dibutuhkan. «
Vll
Vll
Auak-anak (umur 5-15 (alum) yang bekerja sangaf pafuh dan ulet mengikuti keinginan orang fiia, berdasarkan ideologi dan proses pendidikan daJam keluarga, tetapi terkadang nisnolak suruhan dan permintaan orang tiia jika mereka sedang bermain afau be 1 ajar, Proses ini dilakukan dengan harapan agar dapat melahirkan ana ma sale ro loa sehingga menjadi dou rangga tuntu (orang sejati) mandiri yang menjaga nama baik, harbat dan raartabat keluarga.

 File Digital: 1

Shelf
 Sosialisasi anak- Full Text (T 460).pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

Jenis Koleksi : UI - Tesis Membership
No. Panggil : T460
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Program Studi :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 132 pages : illustration ; 29 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
  • Sampul
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T460 15-19-387446274 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 90558
Cover