Penelitian analisis kesalahan mengenai bahasa Jepang masih sedikit,
maka, bertitik tolak dari Iatar belakang tersebut di atas, saya akan
melakukan analisis kesalahan penggunaan kata bantu kasus (kakujoshi/補助
) bahasa Jepang dalam karangan mahasiswa Indonesia pemelajar tingkat
dasar di perguruan tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tipe dan penyebab
kesalahan penggunaan kata bantu kasus (kakujoshi/補助) bahasa Jepang
dalam karangan yang ditulis pemelajar tingkat dasar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif,
yaitu mengamati fakta sinkronis sebagaimana adanya. Untuk dapat
mendeskripsikan kesalahan digunakan dan ancangan yaitu kualitatif dan
kuantitatif.
Pada penelitian ini, saya memilih jenis studi kasus eksploratoris dengan menggunakan dua ancangan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan.